Jumat, 13 Februari 2015

Perangkat - Perangkat Tarbiyah


Judul Buku : Perangkat – Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin
Penulis: Ali Abdul Halim Mahmud
Tebal Buku : 376 halaman
Penerbit : Intermedia




Tarbiyah Islamiyah adalah proses penyiapan manusia yang shalih, yakni agar tercipta suatu keseimbangan dalam potensi, tujuan, ucapan, dan tindakannya secara keseluruhan.

Tujuan Tarbiyah Islamiyah: 1) Ibadah kepada Allah semata sesuai dengan syariat-Nya. 2) Tegaknya khilafah Allah di muka bumi. 3) Saling mengenal sesama manusia. 4) Kepemimpinan dunia. 5) Menghukum dengan syariat.

Buku ini menjelaskan secara jelas terkait perangkat-perangkat khusus yang digunakan jamaah dalam mentarbiyah anggota-anggotanya. Berikut ini adalah sekilas tentang perangkat-pertangkat tersebut:
1.      
      Usrah
Merupakan kumpulan orang-orang yang terikat kepentingan yang sama, yakni: bekerja, mentarbiyah, dan mempersiapkan kekuatan untuk Islam.

2.       Katibah
Merupakan proses menghimpun dan mengumpulkan individu dengan individu yang lain atau beberapa usrah dengan beberapa yang lain sebagai pasukan jamaah untuk mempersiapkan diri dengan program yang bermuatan perjuangan, ketahanan, dan ketegaran.

3.       Rihlah
Merupakan tarbiyah yang bersifat kolektif, yang di dalamnya para peserta diberi kebebasan untuk bergerak, berolah raga, berlatih, bersabar untuk bekerja secara sungguh-sungguh, serta menahan rasa haus dan lapar dengan kadar yang tidak mungkin diperoleh dalam pertemuan usrah ataupun katibah.

4.       Mukhayam atau Mu’asykar
Mukhayam memiliki tujuan lebih luas dibanding dengan tujuan usrah, katibah, dan rihlah. Dan tujuan-tujuan itu disimpulkan dalam tiga yang pokok, yaitu: pengumpulan, tarbiyah, dan pelatihan.

5.       Daurah
Merupakan aktivitas mengumpulkan sejumlah ikhwan yang relatif banyak di suatu tempat untuk mendengarkan ceramah, kajian, penelitian, dan pelatihan tentang suatu masalah dengan mengangkat tema tertentu yang dirasa penting bagi keberlangsungan amal islami, dengan maksud meningkatkan kadar wawasan dan pelatihan pada diri anggota ikhwan, baik sebagai individu maupun pemimpin untuk kepentingan aktivitas Islam, atau untuk kepentingan dakwah dan jamaah.

6.       Nadwah
Merupakan sebuah pertemuan yang menghimpun sejumlah pakar dan para spesialis untuk mengkaji suatu tema ilmiah atau persoalan, dimana setiap mereka memberikan pendapatnya dengan argumentasi dan bukti-bukti.

7.       Muktamar
Menunjuk kepada suatu forum resmi yang memiliki kepentingan tertentu dalam aspek tujuan maupun produk-produk yang mungkin dihasilkan, seperti ratifikasi perjanjian atau dokumen. 


Resumed by : Ayu Afsari

0 komentar: