Jumat, 13 Februari 2015

Biografi 4 Imam Mazhab


Judul : Biografi 4 Imam Mazhab
Penulis : Dr.Ahmad Syurbashi
Halaman : 269 – 347
Resumed by : Ayu Afsari





Imam Ahmad Bin Hanbal
Inilah imam mazhab fiqih keempat, pemilik sifat dan akhlak cemerlang yang diberikan kepadanya oleh orang-orang sezamannya dan orang-orang yang mengetahui kedudukannya, dia adalah imam dunia, imam Darussalam (Baghdad), muft Irak, imam hadits, zahid zamannya, ahli hadits dunia, ulama zamannya, teladan ahlusunnah, sabar dalam ujian, pria shalih, zuhud yang hanya berharap pahala, dialah Ahmad bin Hanbal.

Ibnu Hanbal hidup pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, yaitu saat etnis Persia mengalahkan etnis Arab. Ibnu Hanbal lahir pada tahun 164 Hijriah di Baghdad. Nama lengkapnya Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Anas bin Auf bin Qasit bin Mazin bin Syaiban bin A Marwazi lalu Al Baghdadi. Nasab Ibnu Hanbal bertemu dengan nasab Rasulullah Salallahu’alaihiwassalam pada Nizar bin Ma’ad bin Adnan.

Penisbatan Ibnu Hanbal yang terkenal adalah kepada kakeknya, yaitu Hanbal. Maka orang-orang mengatakan Ibnu Hanbal, padahal Hanbal adalah kakeknya, sedangkan ayahnya adalah Muhammad. Penyebabnya adalah karena kakeknya lebih terkenal daripada ayahnya. Karena ayahnya adalah pejuang petualang, sedangkan kakeknya adalah gubernur Dinasti Umawiyah di Sarkhas salah satu daerah di Khurasan.

Ayah Ibnu Hanbal wafat ketika ia masih belia, dan tidak ingat bahwa ia pernah melihatnya. Oleh sebab itu, ia tumbuh sebagai anak yati yang dirawat dan dipelihara oleh ibunya yang bernama Shafiyah bin Maimunah binti Malik Asy-Syaibani dari Bani Amir.
Ibnu Hanbal menjalanani kehidupan yang papa dan miskin, namun dia adalah seorang pekerja keras, terus berusaha mencari yang halal, tidak menerima harta yang mengandung syubhat, serta tidak mau menerima hadiah dan pemberian.

Imam Ahmad bin Hanbal menghadapi ujian berat yang membuatnya dihukum dan disiksa, tetapi setelah itu ia mendapat kemuliaan, kehormatan, dan popularitas. Ujian itu adalah ujian yang disebabkan fitnah pendapat yang mengatakan bahwa Al-Quran  itu adalah makhuk, hingga ahirnya firkah Mu’tazilah.

Sebagai informasi, Imam Syafi’i adalah salah satu guru dari Ibnu Hanbal. Mazhab Ibnu Hanbal dikenal dengan Mahzab Hanbali. 

Begitulah sekilas tentang Imam Ahmad bin Hanbal, yang ketika kita mendengar namanya, kita akan teringat kisah tentang mu’tazilah yang sangat terkenal itu. Untuk lebih lengkapnya, silakan miliki dan nikmati seluruh isi bukunya “Biografi Empat Imam Mazhab”, tidak hanya kisah tentang Imam Ahmad, tetapi juga tiga Imam Mazhab lainnya yaitu Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan Imam Syafi’i. Sangat menginspirasi, selamat memiliki.

0 komentar: