Minggu, 17 Januari 2016

Mind Map for Kids: An Introduction

Mind Map for Kids: An Introduction
Judul Buku : Mind Map for Kids: An Introduction
Penulis : Tony Buzan
Tebal Buku : 120 halaman
Penerbit : Thorsons
Tahun Terbit : 2003

Dimulai dengan penjelasan ringkas mengenai konsep otak kanan dan kiri dalam bahasa yang mudah dicerna, Tony Buzan memperkenalkan konsep Mind Map dalam bab pertama buku ini, bersamaan dengan contoh dan lima tahapan sederhana untuk mulai membuat Mind Map. Dalam bagian berikutnya, Tony Buzan mengajak pembacanya untuk membuat sebuah Mind Map mengenai diri mereka dan mendorong mereka untuk menambahkan sebanyak mungkin cabang dalam Mind Map untuk menunjukkan bahwa ide mereka bisa terus-menerus mengalir.

Di bab kedua, Tony Buzan mengarahkan pembacanya kepada penggunaan Mind Map untuk mengingat hal-hal penting, membuat catatan, dan memunculkan ide. Menggunakan analogi tentang seseorang yang melupakan bagaimana sebuah lelucon seharusnya berjalan, dia menunjukkan bahwa Mind Map adalah cara yang sempurna untuk menelusuri informasi yang hilang. Di bagian mengenai membuat catatan, Tony Buzan mengajak pembacanya untuk menggunakan Mind Map dalam identifikasi 5W+1H sebuah teks yang dituangkan dalam bentuk cabang-cabang yang beraneka warna. Bagian berikutnya membicarakan tentang penggunaan Mind Map dalam membuat tulisan. Di bagian ini, Tony Buzan menyampaikan bahwa setiap orang dapat memiliki ide-ide menarik yang berbeda-beda ketika menggunakan otak mereka seperti sesharusnya.

Dengan enam mata pelajaran yang mungkin dianggap paling sulit oleh kebanyakan anak (Bahasa Inggris, Sejarah, Matematika, IPA, Geografi, dan Bahasa Asing Modern), bab ketiga buku ini membahas tentang penggunaan Mind Map dalam urusan sekolah. Tony Buzan memberikan satu contoh untuk setiap mata pelajaran. Di bagian akhir setiap bagiannya, dia memberikan teka-teki yang berkaitan dengan setiap mata pelajaran untuk memperluas pengetahuan anak-anak mengenai mata pelajaran terkait.

Selanjutnya, di bab keempat, Tony Buzan menunjukkan bagaimana caranya menjadi unggul dalam ulangan. Dimulai dengan penjelasan bahwa Sistem Kebut Semalam (SKS) tidak seharusnya dilakukan, dia mengatakan bahwa dengan Mind Map, anak-anak dapat membuat peta pikiran untuk setiap mata pelajaran dimulai dari awal tahun, lalu terus meninjau dan memperbaiki peta pikiran mereka selama hari-hari sekolah. Bagian berikutnya menjelaskan bahwa bahkan di waktu ujian pun, Mind Map dapat sangat membantu. Sayangnya, Tony Buzan tidak memberikan contoh untuk bagian ini.

Bab terakhir buku ini menjelaskan tentang penggunaan Mind Map untuk hal-hal yang menyenangkan, seperti merencanakan sebuah pesta, merapikan tempat tidur, merencanakan sebuah proyek, menulis surat, dan merencanakan liburan. Di bagian “Toko Impianmu,” Tony Buzan juga menunjukkan bahwa Mind Map dapat digunakan untuk membuat rencana masa depan. Di bagian paling akhir buku ini, Tony Buzan mengatakan bahwa Mind Map dapat digunakan kapan pun, di mana pun, dan untuk keperluan apa pun. Dia juga mendorong para pembacanya untuk membagikan hasil sukses Mind Map mereka dengannya, yang merupakan sebuah cara yang bagus untuk memotivasi anak-anak agar terus mengeksplorasi ide-ide dalam pikiran mereka dengan cara sekreatif mungkin.

***
-Nabila-

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Indonesi Membaca.

0 komentar: