Kamis, 12 Juni 2014

Manajemen Personalia dan SDM





Judul                :Manajemen Personalia & SDM
Penulis             : T. Hani Handoko (Dosen FE UGM)
Halaman          : 53-67

BAB PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA
           
 Perencanaan sumber daya manusian (SDM) merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut.
           
 Secara singkat perencanaan SDM berarti mengestimasi secara sistematik permintaan (kebutuhan) dan suplai tenaga kerja organisasi di waktu yang akan datang. Hal ini memungkinkan department personalia untuk menyediakan tenaga kerja untuk kebutuhan jangka pendek (1 tahun) maupun jangka panjang (> 5 tahun). Perencanaan SDM memungkinkan organisasi untuk : 1) Memperbaiki penggunaan SDM; 2) Memadukan kegiatan personalia dan tujuan organisasi di waktu yang akan datang secara efisien; 3) Melakukan pengadaan karyawan secara ekonomis; 4) Mengembangkan informasi dasar manajemen personalia untuk membantu kegiatan-kegiatan personalia dan unit-unit organisasi lainnya; 5) Membantu program penarikan dari pasar tenaga kerja secara sukses; 6) Mengkoordinasikan program manajemen personalia yang berbeda-beda seperti rencana penarikan dan seleksi.
Permintaan Sumber Daya Manusia
           
 Perencanaan SDM sering diartikan sebagai kegita penentuan jumlah (kuantitas) dan jenis (kualitas) karyawan yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi secara optimal. Peramalan kebutuhan karyawan merupakan bagian terpenting dan tersulit untuk dilaksanakan. Pertama, perlu diidentifikasikan berbagai tantangan yang mempengaruhi permintaan; baik faktor pengaruh langsung seperti persediaan personalia/aspek organisasional lainnya maupun faktor tidak langsung/perubahan lingkungan ekstern. Kedua, organisasi melakukan forecast kebutuhan karyawan dalam suatu periode di waktu yang akan datang dengan mempertimbangkan keakuratan teknik peramalan.




Gambar 1.
Penyebab Timbulnya Permintaan SDM di Waktu yang akan Datang
Lingkungan Eksternal
Organisasional
Persediaan Karyawan
Ekonomi
Rencana-rencana strategic
Pensiunan
Sosial-Politik Hukum
Angggaran (budget)
Permohonan berhenti
Teknologi
Forecast penjualan dan produksi
Pemberhentian (teminasi)
Persaingan
Desain organisasi dan pekerjaan
KEmatian

Perluasan usaha


Gambar 2.
Teknik Forecasting untuk Estimasi Kebutuhan SDM di Waktu yang akan Datang
Ahli
Analisis Trend
Lainnya
Teknik Delphi
Analisis Statistik
Analisis anggaran dan perencanaan
Survai ahli secara formal
Ratio produktivitas (standar-standar)
Model-model computer
Keputusan informal dan segera
Ekstrapolasi
Analisis usaha baru

Indeksasi
Analisis beban kerja


Pendekatan normatip (struktur organisasi)

Suplai Sumber Daya Manusia
            Setelah departemen personalia membuat proyeksi kebutuhan SDM untuk waktu yang akan datang langkah berikutnya adalah pemenuhan lowongan yang akan diproyeksikan. Ada dua sumber suplai : Internal dan Eksternal. Suplai Internal berasal dari para karyawan yang ada sekarang, yang dapat dipromosikan , dipindah atau didemosikan untuk memenuhi kebutuhan yang diantisipasi. Sedangkan sumber suplai eksternal terdiri dari orang orang dalam pasar tenaga kerja. Mencakup orang yang belum bekerja dan para karyawan organisasi-organsasi lain.
Estimasi Suplai Internal
            Inventarisasi Sumber Daya Manusia. Estimasi suplai di waktu yang akan datang memerlukan informasi keadaan saat ini. Selain jumlah karyawan inventarisasi meringkas berbagai ketrampilan dan kecakapan setiap karyawan. Inventarisasi SDM menentukan status karyawan organisasi, terus memonitor performance karyawan dan menjadi dasar penentuan transfer, promosi atau pengembangan karyawan. Informasi juga harus selalu diperbaharui secara periodic.
            Bagan Penempatan adalah suatu pengajian visual siapa yang akan menggantikan siapa dalam peristiwa pengisisan lowongan jabatan berdasarkan nformasi hasil inventarisasi. Bagan disimpan oleh manajer puncak setiap divisi organisasi sebagai asset yag sangat bernilai.
            Analisis Markov adalah model yang digunakan untuk menganalisa pola perpindahan/aliran personalia yang mencakup : karyawan pindah, naik-turun pangkat, keluar atau merubah perilaku dan potensi individu mereka. Dalam mengimplementasikan metode markov data biasanya dikumpukan selama beberapa waktu (tahunan) dan dirata-rata untuk menentukan probabilitas yag bisa diterapkan untuk memforecast aliran personalia pada beberapa periode yang akan datang (asumsu probabilitas transisi selalu stabil sepanjang waktu).
Estimasi Suplai Eksternal
            Analisis sumber suplai eksternal didasarkan pada informasi baik publikasi maupun hasil kerjasama dengan pihak penyedia. Pengembangan kerjasama sanagat penting untuk menjamin organisasi akan memperoleh karyawan dengan kualitas dan kuantitas sesuai kebutuhan.
Sistem Perencanaan Sumber Daya Manusia
            Sistem perencanaan SDM pada pokoknya meliputi estimasi permintaan dan supply karyawan. Secara terinci, sistem ini terdiri dari empat kegiatan yang saling berhubungan dan terpadu :

1)      Inventarisasi Persediaan SDM

2)      Forecast Sumber Daya Manusia

3)      Penyusunan rencana-rencana Sumber Daya Manusia

4)      Pengawasan dan Evaluasi

-Enril IM 1-

(sumber gambar:  http://siper.mmtc.ac.id/index.php/buku/Buku/detail/555)

0 komentar: