Minggu, 14 Mei 2017

Whatever You Think, Think The Opposite


Whatever You Think, Think The Opposite

Buku karya Paul Arden dengan jumlah halaman hanya 143 lembar terbilang unik, aneh dan berbeda. Kalimat dalam buku disajikan dengan sangat  simpel dan sedikit , lebih banyak dipaparkan tentang foto-foto. Membuka buku ini yang pertama kita lihat adalah melihat foto baru kemudian membaca kalimat, kalimat yang cukup ringkas dan akan membuat  kita sejenak berfikir, apa yang sebenarnya disampaikan  penulis.

Sesuai dengan judulnya, maka dalam karyanya Paul Arden menampilkan banyak foto-foto yang diambil dari banyak sumber, dimana memberikan sebuah arti dari keberhasilan, kesuksesan, cara berfikir dan sebuah cara kerja, cara pelaksanaan yang berbeda dari biasanya. Semua yang ditampilkan adalah potret suatu hal yang berbeda yang itu merubah paradigma dan suatu hasil yang baru, hasil yang melampaui dari cara biasanya.

"Inilah cara keliru untuk berfikir tetapi cara yang benar untuk menang."

Begitulah tulisan di awal lembaran buku, jika difikirkan cara-cara yang disajikan adalah keliru, tetapi jika dikerjakan maka kita akan menang. 

Disampaikan contoh dari Atlet Lompat Tinggi Dick Fosbury, sebelum tahun 1968 rekor tertinggi lompat tinggi adalah 5.8". Sang atlet Dick Fosbury pada olimpiade 1968 menggunakan cara lompatan yang berbeda, dia melompat dengan membalik tubuhnya dan mendorong melewati Palang (berbeda dari atlet-atlet sebelumnya yang melompat biasa) hasilnya ia memecahkan rekor baru 7.4". Dan metode lompatan ini sekarang dikenal dengan Fosbury Flop (lompatan fosbury). Dia yang beraksi berbeda dari lainnya, dari biasanya diawal menuai kecaman tetapi diakhir menuai penghargaan.

Begitu juga dengan hal-hal lainnya, sedikit orang berfikir aneh tetapi dari keanehan itu banyak orang yang menirukannya, masih banyak contoh lain dari buku ini bagaimana kita Bertindak Opposite.

Pada halaman 22 - 23 adalah penjelasan yang saya suka, terdapat foto orang berdiri dengan dikelilingi banyak pagar besi, pagar besi dengan bentuk kotak-kotak. penulis memberi judul TERPERANGKAP kenapa ??? 

Masalahnya adalah kita membuat keputusan yang benar, kita membuat keputusan yang masuk akal dengan melihat fakta di hadapan kita. dan Masalahnya, semua orang juga membuat keputusan masuk akal. (akan lebih mudah menerjemahkan ini dengan melihat fotonya langsung).

Sesuatu yang membuat saya diam.....
pada halaman 78

Terdapat gambar domba yang sedang berjalan berhimpitan dan terdapat keterangan

"Sebagian besar orang adalah orang lain.

Pemikiran mereka adalah opini orang lain,

Kehidupan mereka adalah sebuah peniruan,

Hasrat mereka adalah sebuah kutipan."
~ Oscar Wilde ~

Judul Buku : Whatever You Think, Think The Opposite
Penulis : Paul Arden
Jml Hal : 143
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2015

Eko Yasin - Dongying 


0 komentar: