Kamis, 22 September 2016

HIDUP SEHAT UNTUK GOLONGAN DARAH AB




Penulis : dr. Christiara Dwi Septyaningsih dan Irmawan, S.Si.,Apt
Tebal buku : 201 Halaman



Diet termasuk salah satu usaha mengurangi porsi makan yg mengandung lemak maupun karbohidrat. Diet terdapat berbagai macam salah satunya diet golongan darah. Pada golongan darah AB memiliki beberapa penyakit yang sering diderita antara lain kanker, jantung, penyakit system saraf, penyakit komplikasi empedu dan hati, anemia, depresi, Alzheimer, dan Parkinson. Golongan darah AB memiliki makanan dan minuman yang bermanfaat. Contoh makanan antara lain roti, serealia, pasta, chery, cranberry, gooseberry, kiwi, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk keprok, brokoli, bunga kol, daging domba, tuna, cod, telur ayam (putih saja), susu kambing, keju kambing, kacang navy, kacang merah, kacang kenari, dan lain-lain. Sedangkan, minuman yang bermanfaat antara lain jus kubis, jus wortel, jus seledri, jus mentimun, jus cherry, jus cranberry, jus anggur merah, jus papaya, the hijau, dan air putih. Selain itu suplemen yang bermanfaat antara lain chamomile, echinachea, licorice, gingseng, dan lain-lain.
 Makanan minuman yang netral pada golongan darah AB meliputi , gandum matzos, krim beras, krim gandum, granola, farina, bekatul gandum, gandum tumbuk, daging burung unta, ikan nila, telur puyuh, kacang polong, tepung gandum bulgur, minyak biji gandum, daun ketumbar dan lain-lain. Minuman yang netral meliputi (jus apel, sari apel, jus apricot, jus jeruk bali, jus jeruk limau, jus jeruk keprok, jus tomat, jus prunes, dan lain-lain.
 Makanan dan minuman yang harus dihindari pada golongan darah AB meliputi roti jagung, muffin jagung, cornflakes, cornmeal, kamut, kasha, tapioca, teff, bubur jagung, belimbing, jagung, kuda, kacang adzuki, ikan teri, minyak jagung, dan lain-lain. Minuman pada golongan darah AB yang harus dihindari antara lain  jus jeruk, jus jambu biji, jus lidah buaya, sirup jagung, dan lain-lain. Suplemen yang harus dihindari antara lain fenugreek, gentian, hops, linden, dan senna. Tips diet golongan darah AB antara lain mengatasi reaksi saat diet, menyiasati pantangan, cara mengolah bahan makanan, menyusun menu harian, dan olahraga yang cocok .
Berdasarkan pemaparan di atas buku ini masing kurang visualisasi dalam bentuk gambar. Karena pembaca akan bingung seperti apa bentuk makanan ataupun minuman yang harus dimakan di minum, karena tidak semua pembaca paham akan makanan dan minuman maupun suplemen. Selain itu buku ini cocok bagi yang menginginkan pola hidup sehat serta berdiet.

Peresume : DEWI W
Di atas bumi Allah, Pada 29 Agustus 2016.

0 komentar: