Kamis, 22 September 2016

ME BEFORE YOU – SEBELUM MENGENALMU






Banyaknya review positif, pro-kontra film serta hashtag #liveboldly di twitter yang bertebaran membuat saya memutuskan untuk mencari tahu apa itu Me Before You dan siapa itu Jojo Moyes. Ternyata, ini adalah film yang diadaptasi dari novel best seller dan filmnya diperankan oleh Sam Claflin dan Emilia Clarke, 2 pemain fav saya hehe.

Buku ini cukup tebal karena terdiri dari 656 halaman dan tulisannya yang kecil-kecil makin membuat buku ini jadi lama untuk dibaca, tapi ternyata karena cerita yang seru dan perasaan saya yang udah baper duluan waktu baca buku ini, buku ini hanya selesai dalam 1 hari dan berakhir dengan saya nangis tersedu-sedu.
Cerita dari buku ini cukup sederhana, tentang seorang gadis berumur 26 tahun bernama Louisa Clark yang kerap disapa Lou. Lou selalu tahu berapa langkah dari rumah ke tempat kerjanya, bekerja di tempat yang paling dia sukai karena dapat bertemu orang-orang baru yaitu The Buttered Bun Tea Shop sebagai pelayan. Kehidupannya biasa-biasa saja, punya pacar seorang atlit, pulang ke rumah untuk berbincang-bincang dengan keluarganya, dan itu dilakukan setiap hari sampai akhirnya Lou dipecat karena Café tempatnya bekerja tutup.

Frustasi dalam mencari pekerjaan membuat Lou mau untuk bekerja sebagai asisten pribadi orang lumpuh, siapa disangka bahwa pria lumpuh itu masih muda dan tampan bernama Will Trainor, yang keluarganya tinggal di kastil tak jauh dari rumah Lou. Will adalah pria sukses dalam karirnya dan selalu berambisius, menyukai segala aktifitas di luar ruangan dan berbahaya, sampai akhirnya Will mengalami kecelakaan fatal yang membuatnya lumpuh dari leher hingga kaki dan disebut Quadriplegia. 

Keadaan ekonomi keluarga Lou memaksa Lou untuk selalu bekerja banting tulang dan membuatnya harus bertahan bersama Will, dimana Will selalu bersikap menjengkelkan setiap saat dan terang-terangan tidak menyukai kehadiran Lou. Will tidak boleh ditinggal sendiri lebih dari 15 menit, setiap beberapa jam Will harus diberi obat, tidak boleh terlalu kedinginan atau kepanasan, harus diberi makan dan minum sesuai waktu. Keadaan menjadi baik karena kehadiran Lou yang ceria mampu mencairkan sikap Will yang keras. Sayangnya, Lou hanya dipekerjakan selama 6 bulan, lalu kenapa hanya 6 bulan? Kemunculan adik Will, Georgiana mengungkapkan kenyataan pahit untuk kehidupan Will selanjutnya.

Berbicara tentang karakter, pembaca pasti setuju bahwa kita akan iba pada Will juga Lou, Lou sebagai wanita yang masih muda dan bersemangat, harus stuck di kota-nya, tidak dapat melanjutkan sekolah karena harus membanting tulang bekerja, mempunyai pacar selama 7 tahun yang sepertinya tidak ingin melanjutkan hubungan mereka ke jenjang yang serius cukup membuat Lou tahu bahwa selamanya Ia dan Patrick hanya berjalan di tempat. Sedangkan Will, pria muda yang berambisius namun akhirnya harus selalu duduk di kursi roda karena penyakit yang dideritanya. Ini semua membuat Will menjadi tidak bersemangat dalam hidup, Will selalu merindukan kehidupan lamanya dan berujung seringnya melakukan percobaan bunuh diri.

Perjalanan kisah mereka semakin kompleks saat mereka akhirnya merasakan jatuh cinta, namun kisah mereka tidak berakhir sesuai dengan apa yang pembaca mau dan semua sepaham untuk menyalahkan Will dengan tindakan egoisnya yang tidak memikirkan Lou, namun disinilah Jojo Moyes berharap bahwa pembaca juga harus mengerti penderitaan yang dialami Will, perlahan-lahan pengarang menjelaskan proses penderitaan Will dan mengapa Will mengambil keputusan yang menyakitkan untuk orang tuanya serta Lou sendiri. Walau, saya berharap ada satu-dua bab yang dijelaskan dari sudut pandang Will, agar saya ga begitu menyalahkan Will.

Sudah banyak spoiler dan cerita mengenai film serta buku ini, tetapi menurut saya buku ini harus dibaca dan akhirnya bisa menyimpulkan sendiri apakah setuju dengan endingnya atau tetap tak percaya seperti yang saya lakukan :D

Judul Buku              : Me Before You (Sebelum Mengenalmu)
Pengarang               : Jojo Moyes
Penerbit                  : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman      : 656 Halaman
Penerjemah             : Tanti Lesmana
Segmen                   : Dewasa
Genre                     : Drama, Realistic Fiction, Romance
Harga                     : Rp 98.000 (diskon 20%) sekarang Rp. 128.000 L
Peresume                : Vanda Deosar

0 komentar: