Jumat, 25 November 2016

CATATAN 30 HARI



Jujur, alasan saya membeli buku ini untuk mengapresiasi Fighter 30DWC yang sudah menakhlukan tantangan menulis selama 30 hari dan surprise karena salah satunya adalah member grup ini.

Buku ini berisi kumpulan cerpen dan pengalaman beberapa penulis yang dirangkum dalam 3 tema, yaitu Nasihat, Hobi, dan Inspirasi. Buku ini cukup ringan untuk dibaca karena isinya seperti tulisan-tulisan di blog atau diary namun sarat pemaknaan, karena tulisan-tulisan yang terpilih ini bertujuan untuk mengajak pembacanya memaknai setiap hal dengan lebih bijak dan melakukan yang terbaik dalam hidup.

Saya akan mengambil contoh dari setiap tema yang menunjukkan hal itu. Pertama, tema tentang Nasihat. Tulisan yang saya ambil adalah tulisan pertama di buku ini, inisial penulisnya A alias Amrina (eh, cieee). Disini penulis mengisahkan tentang perasaan dalam hatinya yang lemah dan remuk seketika mendengar kabar kehilangan sahabat terbaiknya. Disinilah penulis akhirnya menemukan bahwa mengikhlaskan adalah sebaik-baiknya cara untuk mendamaikan hati, memaknainya dengan, “Allah ingin mengajarkanmu sesuatu dan menggantikannya dengan yang jauh lebih baik” (hlm.4)

Cerita kedua saya ambil dari tema tentang Hobi. Sebagian besar tulisan pada tema ini menceritakan tentang hobi penulis yaitu membaca dan menulis. Mungkin itu sebabnya  mereka ikut dalam 30 Days Writing Challenge ya (yaiyalah :p). Walaupun begitu, poin-poin yang disampaikan sangat beragam dan berkaitan dengan passion sehingga bisa dimanfaatkan menjadi suatu hal yang lebih produktif lagi. Sebagai contoh, tulisan yang berjudul “Dari Hobi Menjadi Bisnis”, menceritakan tentang mimpi-mimpi yang berawal dari sebuah hobi. Alih-alih menceritakan hobinya, penulis memberikan kiat-kiat untuk menjadi sukses melalui hobi yaitu dengan memperjuangkannya, artinya tekun; menikmati bisnis dengan sepenuh hati, artinya menikmati hobi tersebut dan menjalankannya dengan segala resiko dan tantangan yang ada tanoa mudah mengeluh dan terus berusaha; memiliki kemauan yang kuat dan menjaga semangat sejak start sampai finish alias sukses; langsung eksekusi, artinya tidak menunda-nunda pekerjaan dan tetap fokus; dan kiat yang terakhir adalah selalu bangkit lagi ketika jatuh/bangkrut. Simpel ya?

Tema yang ketiga adalah tentang “inspirasi”. Melalui tema ini, pembaca disadarkan bahwa inspirasi sesungguhnya bisa berasal dari mana saja. Oleh sebab itu, cerita yang terkumpul dalam tema ini sangat beragam, mulai dari inspirasi untuk berhijrah, bersedekah dengan cara-cara kreatif, sampai dengan inspirasi untuk menjaga hati juga ada lho! Tulisan yang menjadi favorit saya berjudul “Berubah”. Ini adalah buah pikiran penulis tentang upaya untuk berkontribusi dalam perubahan dunia. Menurut penulis, ada dua kompetensi dasar yang menunjang kita untuk melakukan perubahan baik pada diri sendiri maupun lingkungan, yaitu kemampuan berkomunikasi dan cara pandang yang positif. Sederhana memang, tapi menurut saya pribadi ini memang sangat dibutuhkan pada saat sekarang, apalagi arus informasi yang saat ini sangat mudah diperoleh bahkan sampai kadang kita bingung memilih mana yang benar dan mana yang tujuannya memperkeruh suasana. Tulisan ini menyadarkan saya bahwa kemampuan komunikasi aktif harus didukung dengan bacaan yang memadai supaya setiap permasalahan yang ada dapat disikapi lebih arif dan paling penting berdasarkan pada data dan fakta yang benar.

Overall, buku ini ringan untuk dibaca tapi sarat hikmah dan mengajak kita untuk membaca inspirasi-inspirasi yang ada disekitar kita saat ini. Hanya satu hal yang jadi kritik dari saya, yaitu di tulisan yang berjudul “Preman teladan” entah kenapa saya merasa tulisan ini seperti diambil dari tulisan bahasa asing yang diterjemahkan menjadi bahasa indonesia menggunakan google-translate, jadi banyak pola kalimat yang aneh dibaca karena kalimat aktif dan pasif nya yang seperti tertukar. Hehe. Udah itu aja, semoga bermanfaat.


Judul buku              : CATATAN 30 HARI
Nama Penulis         : FIGHTER 30DWC
Penerbit                  : Ellunar Publisher
Tahun Terbit           : 2016
Jenis buku              : Kumpulan Cerpen dan Esai
Jumlah Halaman    : 135 halaman

MRA

0 komentar: