Sabtu, 11 Oktober 2014

Chapter X Apa yang Paling Penting



Kategori          : Buku Nonfiksi
Judul               : Cherish Every Moment
Penulis             : Arvan Pradiansyah
Penerbit           : PT Elex Media Komputindo
Tebal buku      : 322 hal

Chapter X Apa yang Paling Penting 



Maaf karena masih berkutat pada buku NonFiksinya Bapak Arvan,he..
Dalam hidup ini kita mempunyai urusan bahkan orang-orang yang berbeda yang dekat dengan kita tetapi bagaimana kita memilih yang penting diantara yang tidak penting. Intinya adalah diri kita sendiri. Dalam memilih sesuatu yang paling bentuk dalam hidup ini adalah dengan bertanya dengan diri kita sendiri, karena diri kitalah yang tahu pasti apa yang paling penting bagi kita. Jangan sampai Diri kita sendiri tidak dapat memilih hal atau orang yang penting bagi kita. Jangan sampai ada yang mengatur atau mengambil alih dalam memilih apa yang penting bagi kita. Misalkan setelah bekerja sampai larut, kita sangat ingin bertemu dengan keluarga yang beberapa hari ini terabaikan oleh kita. Tiba-tiba di tengah perjalanan pulang kita bertemu dengan teman-teman kantor yang mengajak nongkrong dengan mengatakan “Ah, cemen. Hari juga masih terang kok cepat-cepat pulang. Lebih baik kita nongkrong dulu”. Bagaimana sikap kita? Jika kita memilih bersama mereka dan menunda kepulangan kita, maka berarti merelah yang menentukan apa yang penting bagi kita saat itu bukan kita sendiri. Ini sungguh menyedihkan bagi kita.
Bagaimana jika yang kita anggap penting malah dianggap tidak penting bagi orang sekitar? Pertanyaan yang perlu dijawab untuk mengatasi masalah ini adalah, Ini kehidupan siapa? Kalau ini kehidupan kita lantas siapa yang harus menjadi sutradaranya? Tentu saja “Kita Sendiri” Karena itu “Apa yang penting” adalah yang penting menurut kita. Tetapi bagaimana dalam situasi melibatkan orang lain yang sangat berpengaruh misalnya Atasan atau Suami atau istri? Jika kita mempunyai pikiran berbeda tentang apa yang penting dengan mereka. Maka solusinya berdiskusi, mengobrol, dan menyamakan persepsi dengan mereka.
Bagaimana merumuskan hal-hal yang penting? Cara yang paling baik adalah melakukan renungan. Kalau suatu saat kita meninggal, kita mau dikenang sebagai apa oleh orang-orang yang penting bagi kita (Ibu, ayah, Suami, istri, anak)?. Kita dapat memulai dengan membuat daftar terlebih dahulu mengenai siapa orang-orang penting dalam hidup kita. Karena jujur, tidak semua orang sama pentingnya dalam kehidupan kita. Daftar pertama seharusnnya Diri Kita sendiri. Mengapa demikian? karena kita harus memperhatikan kesehatan kita karena jika kita tidak sehat maka kita tidak dapat memberi apa pun bagi orang yang penting bagi kita. Daftar selanjutnya bisa diisi dengan orang tua, suami/istri, anak, keluarga besar dan seterusnya.
By Mela Azizah IM3

0 komentar: