Sabtu, 11 Oktober 2014

MARI BERSENANG-SENANG DENGAN SANGUINIS POPULER



Judul Buku      : Personality Plus
Penulis            : Florence Littauer
Penerbit           : Karisma Publishing Group (2011)
Peresume       : Yusnita M. Anggraeni (IM6)

MARI BERSENANG-SENANG DENGAN SANGUINIS POPULER


Awalnya buku ini menarik perhatian karena kebutuhan untuk mengenal kekuatan dan kelemahan karakter saya. Apalagi di pengantar buku ini disertakan tes mengenai profil kepribadian sehingga di awal membaca, kita sudah tahu termasuk golongan mana karakter yang kita miliki. Pembahasan pada bab-bab selanjutnya dikelompokkan berdasarkan karakter tersebut.
Secara umum, ada empat kelompok karakter yang ada empat kelompok besar karakter manusia, yaitu (1) sanguinis populer, (2) melankolis sempurna, (3) koleris kuat, dan (4) phlegmatis damai. Sanguinis populer ditandai dengan sifat ekstrovert, pembicara dan optimis. Kepribadian melankolis sempurna dicirikan dengan introvert, pemikir dan pesimis. Koleris kuat memiliki sifat ekstrovert, pelaku dan optimis, sedangkan phlegmatis damai cenderung introvert, pengamat dan pesimis.
Bagian pertama yang saya baca adalah bab mengenai sanguinis populer. Manusia sanguinis mudah dibedakan dari karakter lain karena tipe yang emosional dan demonstratif, ekspresif, membuat semua hal menjadi menyenangkan, dan terbuka. Di awal kehidupannya, bayi sangunis terlihat riang dan hobi mengoceh. Bakat kreatif juga biasa ditemukan pada bayi sanguinis karena senang bereksperimen dengan warna. Pribadi sanguinis cenderung mampu menarik perhatian banyak orang karena kekuatannya untuk menjadi “dramatis” dan sedikit “lebay”. Selain itu seorang sanguinis yang ekstrovert dan terbuka memiliki antusiasme dan energi yang cukup banyak untuk selalu berbicara dan bercerita. Sanguinis juga senang untuk tampil. Di kerumunan orang, sanguinis akan mudah diterima karena kemampuannya untuk memukau pendengar. Ketika bertemu dengan orang yang baru dikenal, sanguinis akan dengan mudah memulai pembicaraan dan akrab dalam waktu singkat.
Namun demikian, seorang sanguinis memiliki kelemahan mengenai detail. Dicirikan dengan kurangnya kemampuan mengingat nama, tanggal, tampat, dan fakta. Untungnya Tuhan memberikan kelebihan berupa kemampuan visual yang baik, seperti ingatan yang kuat untuk warna. Selanjutnya di bab-bab berikutnya, selain dijelaskan mengenai tiga kepribadian lainnya, akan dijelaskan pula cara mengoptimalkan kekuatan masing-masing karakter, termasuk sanguinis.

0 komentar: