Selasa, 03 November 2015

Ring

 Koji SuzukiJudul : Ring
Penulis : Koji Suzuki
Penerbit : Qanita
Tebal : 433 halaman
Resumed by : Ayu Afsari

Novel karya seorang bintang sastra negara Jepang ini telah terjual 2,8 juta copy. Ring adalah buku pertama dari trilogi thriller yang sangat sukses yang dilanjutkan dengan Spiral dan Loop. Novel ini telah difilmkan dengan judul Ringu di Jepang dan The Ring di Hollywood.

Novel ini menceritakan tentang seorang jurnalis bernama Asakawa yang terjebak dalam sebuah kutukan yang bersumber dari video yang ia temukan di sebuah tempat peristirahatan (penginapan) saat ia sedang berusaha mencari tahu sebab kematian empat orang remaja yang mati bersamaan secara misterius, yang salah satu dari mereka adalah keponakannya. Asakawa hanya memiliki tujuh hari untuk mempertahankan hidupnya. Dalam waktu tujuh hari itu Asakawa harus mengungkap rahasia dari penangkal kutukan video itu agar ia terbebas dari kematian sebagaimana yang dialami oleh empat remaja yang mati secara mengenaskkan dan misterius tepat satu minggu (tujuh hari) setelah menonton video itu.

Dalam mengungkap penangkal kutukan video ini, Asakawa bersama teman baiknya Ryuji Takayama berusaha mati-matian memecahkan teka-teki yang sebenarnya sudah ada di bagian akhir video, namun malangnya karena dianggap hanya sebuah lelucon, penangkal itu telah dihapus oleh empat remaja yang menonton video tersebut sebelumnya, yang kemudian mereka ditemukan mati secara misterius karena tidak menjalankan penangkalnya. Situasi dan kondisi semakin membuat Asakawa sulit untuk berfikir jernih karena tanpa diketahui ternyata istri dan anaknya juga telah menonton video ini ketika ia sedang tidak berada di rumah.

Tokoh yang sudah tidak asing lagi dalam kisah ini adalah Sadako, seorang gadis misterius dari masa lalu. Video yang menjadi kutukan dalam cerita merupakan video batin dari Sadako, yang dibuat dengan kekuatan supranatural, yang dilatarbelakangi oleh kepentingan gaib.

Mampukah Asakawa mengungkap rahasia yang bisa menyelamatkan nyawanya dan juga nyawa istri dan anaknya? Siapakah Sadako, dan apa yang diinginkannya? Misteri apakah yang tersembunyi di dalam kaset video ini?

Dalam novel karya Koji Suzuki ini, urband legend dan modernitas dipertemukan dalam kemasan thriller khas Jepang yang mencekam. Buku novel yang telah difilmkan di Jepang dan Amerika ini menghasilkan tren supranatural baru di seluruh dunia pada waktu itu.

Sebagai catatan, penulis novel ini Koji Suzuki sama sekali tidak menyebut-nyebut tentang keyakinan (agama). Membaca novel ini, kita digiring untuk sejenak melupakan adanya peran dan keberadaan Tuhan dalam kehidupan di dunia ini.


Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Indonesi Membaca.

0 komentar: