Jumat, 13 Oktober 2017

Aku Tersetuh Cinta



Ku terima perpisahan dengan mengikhlaskan, ku jaga cinta dengan mendokan

Membuka lembar pertama buku ini, kamu akan disuguhkan dengan pendapat Ibnul Qayyim mengenai cinta. Bukan hanya itu, goresan syair Ustd. Anis Matta perihal cintapun akan membuatmu terkagum. Dan pemaknaan cinta ini ditutup oleh Syaikh Ibnu Hazm Al Andalusy yang menguraikan kata cinta dengan sangat indahnya. Tidak ketinggalan, pada buku ini kamu juga akan menemukan nasihat Buya Hamka untuk seseorang yang hatinya sedang tersentuh cinta.

Membaca buku ini seperti membuka karya Ustd. Arif Rahman Lubis pada karya sebelumnya. Dihiasi oleh berbagai macam contoh kisah inspiratif orang-orang terdahulu, sahabat Rasaulullah, maupun kisah-kisah yang sering kita temukan di berbagai sosial media.

Kujaga cinta dengan merelakanmu, kukembalikan rasa cinta ini kepada-Nya, biar Dia yang menjaganya untuk seseorang yang kelak menjadi jodohku

Yang terindah dari perpisahan adalah mengikhlaskan. Sadarilah, ketika kamu sakit karena kehilangan, ada Allah yang membuka pintu-Nya untuk kamu dekati. Maka segera mendekat kepada-Nya. Biar Allah yang membantumu mengikhlaskannya.

Sendiri itu pilihan. Pilihan terbaik untukmu sekarang. Kenapa takut dengan kesendirian? Allah Maha Perkasa atas segalanya akan mempertemukanmu dengan jodohmu lewat skenario-Nya yang begitu istimewa. Di waktu terbaik. Bukan menurutmu tapi menurut-Nya.

Pada bab kedua kamu akan menemukan untaian doa seorang shalih pada saat hatinya sedang dilanda cinta. Berikut saya kutip beberapa bait dari doa tersebut.

Ya Allah, jika aku jatuh cinta
Cintakanlah aku pada seseorang
Yang melabuhkan cintanya pada-Mu
Agar bertambah kekuatanku untuk mencintai-Mu

Ya Allah, jika aku jatuh hati
Izinkanlah aku menyentuh hati seseorang
Yang hatinya tertaut pada-Mu
Agar aku tidak terjatuh pada jurang cinta semu

Betapa indah, jika masa sendiri justru digunakan untuk menjaga hati dan memantaskan diri. Maka yang perlu dilakukan adalah meluruskan niat. Bersihkan sebab, agar selalu hanya karena Allah. Sufyan Ats-Tsauri berkata, “Tidak pernah aku memperbaiki sesuatu yang lebih berat bagiku daripada niatku, karena niat selalu berubah-ubah.”

Ikhlaskan hati dalam memantaskan diri. Ikhlas... ingatlah bahwa manusia senantiasa merugi kecuali memiliki ilmu, dan manusia yang berilmu senantiasa merugi, kecuali beramal dengan ilmunya. Dan manusia yang beramal senantiasa merugi kecuali dia yang ikhlas dalam amalannya.

Agar jodoh idaman mendekat, maka dekatkanlah diri dengan amalan-amalan sunnah hingga Allah mencintaimu. Karena, jika kita dicintai oleh Allah, maka Allah akan memberitahukan rasa cinta-Nya kepada seluruh penduduk langit, dan memasukkan rasa cinta untuk kita ke hati orang-orang beriman. Selain itu, kita harus memantaskan diri untuk cinta. Memantaskan spiritual, memantaskan ilmu, memantaskan mental, memantaskan materi, dan memantaskan fisik.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar Allah mencintai kita? Ustd. Arif Rahman Lubis menuliskan tiga hal untuk hal ini. Yaitu, bertaubat dan memperbanyak istighfar, senantiasa beribadah dan mengamalkan indahnya islam, serta menebar manfaat sebanyak-banyaknya. Tiga hal tersebut hendaknya bukan hanya diangankan, melainkan benar-benar dilakukan dalam keseharian sehingga menjadi kebiasaan.

Di awal kamu yang akan membentuk kebiasaan positif, selanjutnya kebiasaan positif yang akan membentukmu

Terakhir, bersabarlah dan jangan berputus asa. Karena setelah malam yang pekat, ada pagi yang cerah. Setelah hujan yang deras di langit gelap, ada pelangi yang indah. Yakinlah, setelah kesulitan melingkupimu , ada sebuah kebahagiaan untukmu. Percayalah, setelah air mata yang mengalir, aka nada senyuman yang akan terukir.

Arif Rahman Lubis masih menargetkan remaja yang sedang beranjak dewasa sebagai pembaca dari karya-karyanya. Seperti buku sebelumnya, dalam buku ini banyak sekali ditemui nasihat serta kiat-kiat praktis yang disampaikan. Melihat cover bukunya pasti kamu akan tertarik, apalagi membuka lembar demi lembar halamannya, kamu tidak akan merasa bosan membacanya karna penampilan dan susunannya yang penuh warna.

Judul buku: Aku Tersentuh Cinta
Penulis: Arif Rahman Lubis
Penerbit: Teladan Publishing
Tahun terbit: Juli 2017

Jumlah hal: 297 halaman

2 komentar: