Minggu, 06 September 2015

The Cashflow Quadrant



Judul buku   : The Cashflow Quadrant
Penulis         : Robert T. Kiyosaki
Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama
Tebal           : 330 halaman



Bagian 1 Cashflow Quadrant
Dalam cashflow quadrant, dapat dibagi menjadi 4 kuadran yaitu 1) Employee (pegawai), 2) Self-employed (pekerja lepas), 3) Business owner (pemilik usaha), dan 4) Investor (penanam modal). Setiap kita dapat menempati  sedikitnya satu kuadran dari keempat kuadran tersebut. Tempat kita ditentukan oleh sumber pemasukan kita setiap harinya.
Kebanyakan orang saat ini, sangat mengandalkan slip gaji dan orang-orang seperti ini termasuk dalam Employee dan Self-employed. Kedua kuadran ini menempati sisi kiri Cahflow Quadrant. Sedangkan orang-orang yang menerima pemasukan dari bisnis atau investasi  adalah yang menempati sisi kanan Cashflow Quadrant.
Dalam mencapai kesuksesan dalam kebebasan finansial tidak dibutuhkan uang untuk menghasilkan uang. Karena yang dibutuhkan adalah impian, tekad besar, kesediaan untuk  cepat belajar dan kemampuan  menggunakan dengan benar aset yang telah diberikan oleh Tuhan serta harus mengetahui dari bagian Cashflow Quadrant yang mana seharusnnya kita memperoleh penghasilan.
Sejatinya, setiap orang berpotensi untuk memperoleh penghasilan dari keempat kuadran tersebut.  Namun, harus ada salah satu kuadran yang menjadi penghasilan utama dari kita dan hal inni tergantung dari  siapa diri kita pada intinya (nilai, kekuatan, kelemahan dan minta inti kita).
Itulah perbedaan internal kita yang sangat mempengaruhi keputusan dalam memilih kuadran utama kita.
Nilai, kekuatan, kelemahan dan minat kita yang menentukan kita memperoleh penghasilan dari mana. Serta bagaimana kita dapat mensyukuri dan menggunakan dengan sebenar-benarnya asset yang telah diannugerahkan Tuhan kepada kita.. :)


Gorontalo, 3 September 2015
~WY~

0 komentar: