Senin, 31 Oktober 2016

Sang Pengacara

Mengambil setting di Inggris pada awal abad kesembilan belas, novel yang pada awalnya saya kira sejenis novel detektif ini ternyata adalah novel roman alias percintaan haha tapi berhubung udah baca yowislah dilanjutin karena lama-lama seru juga. Adalah Jack Harding, pengacara yang sedang populer di Inggris Raya karena kemampuannya dalam berargumen dan memenangkan sebagian besar kasus yang ditanganinya, parasnya yang tampan menambah panjang daftar alasan wanita baik dari kalangan biasa sampai dengan wanita kaya raya dari kalangan bangsawan. Bagi Jack, karir adalah segalanya dan pernikahan tidak pernah ada dalam kamus hidupnya, ia juga mempunyai prinsip untuk tidak menerima klien wanita untuk memisahkan urusan perempuan dan karirnya, bahasa kerennya “jaga hati”.

 Lebih lanjut, selain Jack Harding, tokoh utama dalam buku ini adalah Evelyn Darlington, anak dari seorang Earl Lord Lyndale Darlington yang merupakan dosen hukum di Oxford University. Earl merupakan salah satu gelar kebangsawanan di Inggris, dan dibuku ini dimunculkan gelar-gelar lain untuk tokoh-tokoh yang ada dalam cerita. Buku ini mengisahkan Evelyn yang sedari kecil mengagumi Jack sejak ia masih menjadi mahasiswa ayahnya. Hingga suatu saat Evelyn meminta Jack untuk menjadi pengacara pacarnya yang menjadi buronan karena pernah terlihat sedang berada dalam apartemen seorang artis yang juga merupakan sepupunya, Bess, yang dibunuh secara tragis dikamarnya. Evelyn yakin bahwa pacarnya bukanlah seorang pembunuh. Jack jelas menolak permintaan Evelyn karena ini bertentangan dengan prinsip hidupnya (Red. Klien wanita) namun karena hutang budinya pada Lyndale Darlington, dosen terbaik yang sangat berperan dalam karirnya yang sukses sebagai pengacara, terpaksa ia menyanggupi untuk menjadi pengacaranya.

Belakangan Jack tahu bahwa Lyndale sebenarnya tidak menyetujui hubungan anaknya dengan Randolph, yang juga mahasiswa risetnya saat ini. Karena tidak ingin diketahui ayahnya, Evelyn sering menemui Jack dengan sembunyi-sembunyi untuk membahas perkembangan kasus pacarnya. Padahal dalam pergaulan kebangsawanan, seorang wanita harus selalu ditemani pendamping alias mahrom kemanapun ia pergi, apalagi jika perginya bertemu dengan lawan jenis. Mahrom disini maksudnya pendamping wanita atau keluarga aja seh hehe.

Semakin bertambahnya intensitas pertemuan Jack dan Evelyn dalam mempelajari kasus Randolph, semakin timbul benih-benih cinta keduanya, dan setiap kali Evelyn mengingat Randolph, ia jadi merasa bersalah.

Dalam perkembangan penyelidikannya, terungkap bahwa Bess mempunyai banyak pacar yang dari kalangan bangsawan yang bisa jadi salah seorang diantaranya adalah pembunuhnya. Dalam buku harian Bess, sedikitnya terungkap 3 nama bangsawan yang berhubungan dengannya ditambah seorang lagi yang merupakan salah satu mahasiswa Oxford. Namun apa sebenarnya yang menjadi motif pembunuhan Bess? apakah berkaitan dengan harta atau justru cinta segibanyak (karena pacar ada 4)? Siapa pula mahasiswa Oxford yang jadi pacar rahasia Bess? Apakah ini semua ada hubungannya dengan Randolph dan dosennya, yang merupakan ayah Evelyn? Trus gimana juga kelanjutan hubungan Evelyn, pilih Jack apa Randolph? Apakah akhirnya Jack goyah dengan prinsip hidupnya tentang karir dan pernikahan? Terlalu panjang buat dijawab semua dan diceritain hehe, mending beli bukunya deh biar gak penasaran. Kalo kemaren sih saya beli 5 ribuan aja di gudang Gramedia Jogja xixi.

Oiya, kisah yang paling menarik bagi saya di buku ini adalah saat Evelyn ketahuan sama bapaknya pulang diantar Jack hampir tengah malam. Saat itu mereka baru pulang dari menemui Randolph di tempat persembunyiannya. Lyndale marah besar dan mengajak Jack untuk bicara berdua, eh ternyata bukannya mau ngamukin Jack, sebaliknya Lyndale malah meminta Jack untuk menikahi anaknya, karena bagi kehidupan bangsawan, seorang wanita yang keluar dengan laki2 tanpa didampingi mahromnya sama saja dengan menjatuhkan harga dirinya dan membuat malu gelar bangsawannya.– Ini sesuai ajaran Islam ajarkan tentang melarang berkhalwat atau berdua duaan ya?

Selain membahas kisah cinta segitiga Evelyn, penulis yang juga seorang pengacara sungguhan banyak menceritakan kehidupan seorang pengacara dan istilah-istilah hukum yang banyak muncul di abad kesembilan belas. Selain itu, ia juga menceritakan tentang kehidupan dan pergaulan bangsawan Inggris yang menarik dan sering masuk dalam kisah-kisah princess dan barbie yang sering muncul di TV haha. Sekian resume dari saya, maaf utangnya kelamaan daaaan Happy Friday, jangan lupa Al-Kahfi nyaa.


Judul buku           : SANG PENGACARA
Nama Penulis       : Tina Gabrielle
Penerbit                : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit        : 2012
Jenis buku            : Novel Terjemahan
Jumlah Halaman   : 464 halaman

- Mustika Rizky Amalia -

0 komentar: