Minggu, 02 Agustus 2015

Aku Rapopo



Judul                     : Aku Rapopo
Penulis                  : Umar Dani Hasyim
Tahun                    : 2014
Penerbit                : notebook




Buku dengan judul “Aku Rapopo” ini sekilas mirip dengan sigle milik Julia Perez. Namun, buku berjudul nyentrik ini gak ada kaitannya sama sekali dengan Julia Perez, Yuli Rachmawati, Gaston Kastanyo, Juju, Mumu atau pedangdut lainnya. Jadi, jangan harap kamu bakal menemukan lirik lagu, gosip sang artis atau kunci kord karna ini bukan buku musik, tabloid atau pun majalah...

Ok.Back to the book! Tahukah kamu bahwa Michael Jordan sudah lebih dari 9000 kali gagal melakukan tembakan, 300 kali kalah dalam pertandingan, 26 kali percaya untuk menjadi algojo penentu kemenangan dan gagal? Lalu Chirs John harus menempuh perjalanan 50 km  setiap hari hanya untuk pergi kesekolah? Sementara saat pulang ia tetap harus berlatih tinju. Lalu bagaimana mereka berdamai dan mengatakan aku rapopo dan mengejar mimpinya menjadi pebasket dan petinju no 1? Aku Rapopo berisi perjalanan hidup tokoh-tokoh besar dunia yang sukses mewujudkan mimpi-mimpinya setelah jatuh dan gagal berkali-kali. Selain kisah rasulullah sang suri tauladan, kisah di buku ini menjadi salah satu referensi saya bercerita pada siswa-siswi dan teman-teman kecil saya.

Buku “Aku Rapopo”  merupakan karya kedua dari Umar Dani Hasyim, anak muda kelahiran 1994 dari Probolinggo yang sangat mengidolakan sosok inspiratif, Mario Teguh. Dani ingin sekali dapat menginspirasi banyak orang, hal inilah yang menjadi semangat Dani untuk menulis. Buku ini berisi perjalanan dari nothing to something, orang-orang sekelas Sandiaga Uno, Chris Jhon, Jefri Al Buchori, Jose Mourinho, Martha Tilaar, Tukul Arwana, Liliyana Natsir, Asma Nadia, Lionel Messi, Tom Cruise, Afgan, Ade Rai, Seto Mulyadi, Beethoven, Abraham Lincoln, Operah Winfrey, Habibie Afsyah, Thomas Alva Edison, Lee Myung Bak, Walt Disney, Tiger Woods, Michael Jordan, Zinedine Zidane, Serena Wliams, Howards Schultz, Sylvester Stallone, Harland Sanders, J.K Rowling. Sebagian dari orang-orang tersebut masih bisa kita lihat dan kita jumpai sosoknya. Sehingga cukup mudah untuk dikisahkan kembali kepada adik-adik kecil kita.

Banyak orang berhenti mengejar impian karena berbagai alasan, tidak memiliki modal, tidak berbakat, sudah maksimal berusaha, tidak berpendidikan tinggi, dsb. Banyak orang beralasan macam-macam ketika tidak bisa mencapai kesuksean. Ini dan itu. Tetapi sebenarnya, tidak ada alasan sama sekali untuk berhenti dan menyerah dalam mencapai impian. Semua orang sukses dalam buku ini, mereka memiliki resep-resep ampuh dalam menaklukan segala hambatan. Kisah-kisah sukses dalam buku ini terangkum menjadi 10 pelajaran yang bisa kita simak dan pelajari.

Pelajaran pertama dimulai dengan keyakinan BUKAN MASALAH BAKAT SEMATA. Istilah ‘orang berbakat’ disadari atau tidak ternyata membawa kepada pengertian yang menyesatkan. Kenapa? Pada gilirannya bakat bakat menjadi semacam pembenaran sebuah keberhasilan. Bahwa wajar orang-orang itu bisa sukses, lha wong mereka sudah dianugerahi bakat dari sono-nya. Keberbakatan pun akhirnya menjadi kambing hitam. Orang yang sukses dianggap karena bakat, begitupun sebaliknya, saat kita merasa tidak berhasil dalam suatu hal, dan akan dengan mudah mengamini kegagalan dengan dalih tidak memiliki bakat. Yang menjadi pertanyaan benarkah kesuksesan itu di pengaruhi oleh bakat??? Bab ini mengisahkan perjalanan Chris John yang memulai karir bertinju sejak usia 5 tahun dibawah bimbingan langsung sang ayah yang juga petinju di era 70-an, Chris kecil bahkan tidak punya waktu bermain dia fokus berlatih mengejar mimpinya menjadi petinju no 1. Keyakinan sang ayah bahwa latihan dini adalah sumber keahlian membawa Tiger Woods menjadi pemain golf terhebat sepanjang masa, sejak bayi Tiger Woods sudah di pertontonkan cara memasukan bola golf ke lubang setiap harinya, dan di usia 1,5 tahun ia bahkan sudah diajak ke lapangan golf.

Siapa yang tidak mengenal legenda basket Michael Jordan? Jika beberapa orang merasa kurang nyaman kala menemui halangan dan rintangan, ia justru mencarinya. Diawal karirnya karena tak memiliki tinggi badan yang memadai ia sempat disingkirkan. Namun, bukan merasa putus asa, ia terus berlatih sendiri meski dianggap kurang ideal, ia mampu mencetak skor dan menjadi pemain utama. Selama berproses banyak sekali kegagalan yang dialami seorang Michael Jordan,”Saya gagal terus dan terus dalam hidup saya. Dan, justru karena itulah saya sukses.”

Anak dari seorang buruh gudang, imigran dari Aljazair ini hidup di lingkungan yang keras dan jauh dari kecukupan, “Ayah adalah sumber inspirasiku, dia selalu mengajarkan bahwa sebagai seorang imigran kami hrus bekerja dua kali lebih keras dari pada orang lain dan tidak boleh menyerah”. Dengan impian yang kuat dan latihan keras Zinedine Zidane, meniti karir sejak usia 10 tahun, dengan menekuni salah satu hobinya: bermain sepakbola. Dengan kedisiplinan dan latihan keras Zinedine Zidane dikenal sebagai anak yang sangat berbakat menggocek bola.

Sama halnya dengan Sam Snead pemain golf alami terbaik dimasanya yang berlatih siang malam setiap hari hingga tangannya sering berdarah, kakak beradikpetenisVenus dan Serena Wiliams yang didik dengan keras sejak kecil, wanita dengan bayaran tertinggi di industri teknologi Marissa Mayer  CEO Yahoo bekerja 130 jam per minggu dan menjadikan kolong meja sebagai tempat strategis untuk tidur dan kerap mandi di kantor, sosok workaholik Howard Schultz CEO Starbucks bekerja 13 jam sehari lalu dilanjutkan bekerja dirumah ia selalu menyempatkan berbicar dengan karyawannya yang berada diluar negeri padamalam hari, ia juga masuk kantor di hari minggu dan kerap membaca e-mail dari ribuan karyawannya setiap sabtu.  Atau pemimpin dua perusahan besar automotif CEO Nisan dan Renault Carlos.  Carlos Ghosn yang bekerja lebih dari 65 jam per minggu, menghabiskan 48 jam di udara , dan terbang lebih dari 150.000 mil per tahun, dan mereka semua sukses di bidangnya masing-masing bukan karena bakat tapi karena kerja keras.

Masuk ke pelajaran ke-2, DITOLAK TIDAK MENJADI ALASAN UNTUK BERHENTI.
Terkadang, beda antara orang sukses dan gagal itu sangat tipis. Orang sukses tak pernah berfikir untuk mundur, sementara orang gagal sedikit berfikir untuk maju. Orang-orang sukses memiliki ketegaran yang luar  biasa dalam mengahadapi berbagai rintangan. Penolakan terhadap ide-ide besar mereka sama sekali tidak memadamkan ketegaran dan keyakinan mereka. Padahal, penolakan bisa menjadi pukulan mematikan bagi orang-orang bermental gagal, yakni ditolak sekali menjadi alasan mereka berhenti merealisasikan gagasan atau ide yang mereka miliki. Padahal gagasan tersebut bisa menjadi senjata ampuh meraih kesuksesan.

 Pada bab ini diceritakan kisah sukses orang yang dimulai dengan penolakan. Kegigihan seorang pria tua penjaja ayam, Harland Sanders, sosok pendiri Kentucky Fried Chiken (KFC)pada usia yang tak lagi muda, yakni 60 tahun ia mengalami kebangkrutan yang membuat keuangannya sulit, hanya menyandarkan pemasukan dan tunjangan hari tuanya. Namun, kebangkrutan tak membuatnya menyerah dengan kepercayaan diri ia mulai menawarkan resep ayam gorengnya kerstoran-restoran. Ia tawarkan resep ayam gorengnya ke lebih dari 1000 restoran di negaranya. Namun, semuanya menolak. Akhirnya pada restoran ke 1009 tawaran resep ayam gorengnya diterima. Saat itu sekaligus menandai lahirnya konsep wsaralaba. Bayangkan! Jika saat itu ia menyerah setelah menerima penolakan ke 1008, mungkin konsep waralaba tidak akan pernah ditemukan. Tidak ada waralaba KFC dengan 11.000 restoran di lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

 Pada bab ini juga di ceritakan tentang proses pembuatan starbuck yang juga melalui tahap penolakan juga perjalanan-perjalanan sukses lainnya  yang dimulai lewat penolakan seperti kisah hidup aktor Sylvester Stallone, pengusaha dan penasihat keungan pendiri PT Recapital Advistor yaitu Sandiaga Uno, Kathryn Stockeet penulis novel best seller ‘the help’ yang terjual lebih dari 5 juta copy hingga akhirnya novel tersebut difilmkan, Penemu mesin fotocopy Chester Flood Carlson yang mengalami banyak sekali penolakan hingga akhirnya karyanya menjadi komersial setelah diadaptasi oleh Xerox Corporation, berterimakasihlah kepada Sergey Brin dan Larry Page yang tidak menyerah membangun mesin pencari ‘google’ setelah jatuh bangun mengahadapi penolakan, juga penulis-penulis besar yang mengalami puluhan penolakan terhadap karyanya seperti JK Rowling, Steven King, John Grisham. Dan siapa sangka Toyota Motor Corporation pernah menolah sebuah wawancara lamaran pekerjaan seorang Soichiro Honda sebagai ahli mesin yang membuatnya menjadi pengangguran yang cukup lama setelah akhirnya move on dan bisa dilihat betapa suksesnya ia sekarang.

Pelajaran ke-3. JANGAN PERNAH TAKUT MENCOBA
Memahami bab ini dapat dimulai dengan membaca kisah dari ahli kecantikan dan ikon industri kosmetik Marta Tilaar, kisah legenda musik dunia Julio Iglesias mantan keper Real Madrid yang mengalami kecelakan parah hingga di perkirakan lumpuh, ia menemukan kesuksesan setelah berdamai keinginannya selam bertahun-tahun ditemani gitar pemberian sang perawat yang mengubah jalan hidup dan membawanya untuk mencoba potensi lain dari dirinya. Perjalanan karir seorang Tukul Arwana, Alm Ust Jefri Al-buchori, pebulutangkis Liliyana Natsir,  Penulis terkenal Asma Nadia, penyanyi cantik Vicky Shu dan Operah Winfrey adalah contoh nyata kisah sukses mereka yang tak pernah takut untuk mencoba

Pelajaran ke-4. DITENGAH KETERBATASAN
Keterbatasan atau kekurangan sering dipersepdikan sebangai halangan maha dahsyat untuk melangkah menuju kesuksesan. Tetapi, sebenarnya tidak ada alasan,. Keterbatasan bukanlah hambatan, keterbatasan juga bukanlah kutukan. Justru, kesuksesan kerap muncul dalam keterbatasan, ide-ide kreatif seringkali hadir sebagai konsekuensi adanya rintangan, benturan-benturan keadaan yang menjadi hikmah tersembunyi dari keterbatasan. Pakar internet marketer Habibie Afsyah yang memiliki kelainan genetik sejak kecil, penderita Muscular Dyptrophy Tipe Becker secara awam penyakit ini secara perlahan membuat otot-otot semakin melemah dan fisisk menjadi tak berdaya. Ia bahkan divonis dokter akan meninggal di usia 24 tahun. Seiring berjalan waktu, di usia 21 tahu n habibi telah mampu membangun yayasan Habibie Afsyah untuk membantu dan mengangkat kehidupan para penyandang cacat yang didanai dari keuntungannya berbisnis online.

 Selain Habibie tokoh sukses lain yang diceritakan pada bab ini adalah si kerdil yang merajai sepak bola ialah Lionel Messi yang mengalami gangguan hormonal sehingga tidak dapat menambah tinggi badannya. Suatu kondisi yang sering dianggap sebagai kekurangan di dunia olahraga sepak bola, Namun Messi berhasil mengukir prestasi yang sangat membanggakan terhitung telah 4 kali berturut-turut ia menyabet gelar perseorangan paling bergengsi. Kisah mengagumkan datang dari altit lari Wilma Rudolph yang mengalami serangan pneumia parah dan demam scralet diusia 4 tahun yang membuat kaki kirinya lumpuh dan tak bisa digerakkan. Kisah sukses Bill Porter salesman hebat kaliber dunia yang terlahir menderita Cerebral Palsy kondisi lumpuh karena otak yang terluka juga cukup membuat haru dan decak kagum pembaca. Dan masih banyak lagi kisah-kisah hidup orang-orang sukses yang menyadarkan kita bahwa tidak ada alasan untuk tidak sukses karena sukses itu milik semua orang, tak pernah ada batasan untuk sukses bagi mereka yang berusaha, mau mencoba, tidak takut gagal, tidak takut bermimpi, mau dikritik dan tentu saja mencintai pekerjaan mereka. Impossible is Nothing Man jadaa wa jadaa...

Bogor, 20 juli 2015
Nurjanah
Indonesia membaca 3

0 komentar: