Rabu, 13 Mei 2015

Indonesia Membaca




Latar Belakang
Komunitas ini didirikan pada tahun 2013 oleh 6 orang volunter mahasiswa dari kampus UGM, UB, dan IPB. Dilatarbelakangi oleh fakta dari data OECD yang menyebutkan bahwa budaya baca masyarakat Indonesia menempati urutan posisi terendah dari 52 negara di kawasan Asia Timur. Survey dari UNESCO tahun 2011 menunjukkan bahwa indeks membaca masyarakat Indonesia sangat rendah, hanya 0,001% artinya dari 1000 penduduk Indonesia hanya 1 orang yang memiliki minat baca. Dan tahun 2012, Indeks Pembangunan Manusia Indonesia berada di posisi 124 dari 187 negara. Indeks ini dilihat dari sektor pendidikan, kesehatan, dan melek huruf. Atas dasar demikian, dibentuklah komunitas IM yang bertujuan menjadikan IM sebagai sarana untuk membangun habbit membaca sehingga secara perlahan membentuk karakter yang kokoh, sebab baik disadari ataupun tidak, apa yang kita baca saat ini akan menjadi karakter kita di masa yang akan datang. Tujuan khusus jangka panjang adalah membentuk pribadi muslim yang ahli di bidang masing-masing dan peka terhadap permasalahan umat sehingga genre bahan bacaan selama bergabung di IM harapanya dapat diseimbangkan antara sumber keilmuan spesialis, keislaman, dan pengetahuan umum.

Syarat untuk Bergabung
Aktivitas IM dilakukan melalui media online grup whatsapp sehingga syarat utama untuk bergabung adalah memiliki whatsapp, muslim/muslimah, dan siap berkomitmen dengan peraturan grup yakni membaca sesuai target IM dan menulis resume bacaannya setiap 1 bulan sekali. Bagi yang berminat bergabung silahkan mengirimkan permohonan keanggotaan ke indomembaca@gmail.com dengan menuliskan nama, no whatsapp, alamat domisili, univ/jurusan/angkatan (jika masih kuliah), pekerjaan (jika sudah bekerja), dan menyatakan tertarik untuk bergabung di dalam komunitas IM.

Mengapa harus Meresume?
Namanya Indonesia Membaca tapi ko aktivitas di grupnya menulis? Pertama, tim admin kesulitan mengukur ketercapaian membaca jika hanya dilaporkan dalam bentuk laporan membaca. Kedua, menulis merupakan sarana untuk mengikat ilmu sehingga kita lebih memahami apa yang kita baca. Ketiga, menulis dan mempublikasikannya di media merupakan sarana membagi ilmu kepada orang lain sehingga dalam hal ini member wajib memposting tulisannya di grup agar dibaca oleh member lain dan diposting di blog agar dibaca oleh masyarakat non member. Sumber bacaan yang diresume tentu dapat dipilih yang paling menarik untuk dikaji.

Terakhir, besar kecilnya manfaat yang dapat kita peroleh dari komunitas IM tergantung pada seberapa besar kemampuan kita untuk memanfaatkan momen ini untuk mengasah habbit kita sendiri dan menggali sebanyak mungkin ilmu yang dishare dalam bentuk resume atau Bincang Bintang di grup. Admin hanyalah fasilitator sehingga tidak setiap saat dapat memandu grup. Silahkan dimanfaatkan grup IM ini sebaik mungkin sebagai forum diskusi. Jika perlu silahkan membuat planning buku apa saja yang penting dibaca saat ini sehingga dapat meningkatkan kemampuan kita dalam bidang spesialisasi, keislaman, maupun pengetahuan umum. Untuk expert di suatu bidang kita perlu meluangkan waktu minimal 30 menit perhari untuk membaca. Selamat membaca!


Yogyakarta, Mei 2015
Tim Pengurus IM

sumber gambar: http://kdri.co/sites/default/files/melihat%20dunia%3Dmembaca%20buku.jpg?1360572400 

0 komentar: