Sabtu, 23 Mei 2015

NIKMATI HIDUP DAN TERUSLAH BERTUMBUH



Judul : Optimizing Your Brain Memory Melejitkan Daya Ingat
Penulis : betty Fielding
Penerbit :Quills Book Publisher
Jumlah hal: 253
Cara ke 4 (Hal 93-111)
NIKMATI HIDUP DAN TERUSLAH BERTUMBUH





Belajarlah untuk Berbahagia
Orang mudah mengingat peristiwa yang mereka sukai. Setiap orang mengalami dorongan untuk menikmati. Seperti bernafas, kejadian yang Anda nikmati amat mudah diingat kembali. Peristiwa-peristiwa bahagia seperti pernikahan, kelahiran anak, pekerjaan pertama, promosi, dan keberhasilan besar lainnya menjadi kenangan yang mudah diiingat. Berbagi cerita dengan keluarga atau teman tentang kebahagiaan akan menghidupkan kenangan yang hampir terkubur. Semakin banyak Anda berbagi, maka semakin banyak yang Anda mampu ingat kembali.
Memutuskan untuk Menikmati
Jika setiap orang ingin bahagia, mengapa kita tidak mengalaminya lebih sering? Bagi orang yang perfeksionis, akan sulit untuk menikmati kebahagiaan. Kekecewaan, harga diri rendah, atau rasa bersalah dapat mengganggu perasaan bahagia. Makadiperlukan peningkatan penerimaan diri: seperti diri Anda saat ini, mengingat bahwa Anda sedang berproses, Andadapat belajar dari kesalahan tanpa menyalahkan diri sendiri karena telah membuat kesalahan.
Kesedihan sering kali menyuramkan hari-hari misalnya karena kehilangan orang yang mereka cintai, rumah yang dibanggakan, atau bagian dari kehidupan penting lainnya. Dengan mwndapat dukungan teman-teman akan membanrtuAnda melewati saat-saat sulit tersebut. Cara yang baik untuk mengatasi kesedihan adalah mennghargai kesempatan-kesempatan kecil: misalnya bersilaturahmi dengan teman lama, dan mendengar gelak tawa ceria anak-anak. Hal ini akan mempermudah Anda mengingat kembali kegembiraan yang akan meningkatkan kualitas hidup dan juga daya ingat Anda.
Carilah Pengetahuan
Secara umum kita lebih tertarik untuk mengetahui dan memahami lebih banyak tentang diri kita sendiri. Ketertarikan ini dapat muncul setiap saat dalam bentuk rasa penasaran yang merupakan cara untuk mendorong kita mencari tau banyak informasi tentang diri kita, mengingat pengalaman hidupyang telah kita lewati dan mengaitkannya dengan kepribadian kita.
Membaca
Membaca dengan mengulang-ulang pada bagian yang terasa paling bagus, paling menginspirasi, paling bermakna. Beberapa hal yangAnda dapat perhatikan saat membaca adalah:
-          Apa yang digambarkan oleh penulis
-          Bagaimana tokoh-tokohnya merasa dan merespon kejadian dalam hidup mereka
-          Cara mereka berinteraksi
-          Keputusan yang mereka ambil
Anda juga dapat membayangkan lokasi peristiwa pada bukuAnda,Anda juga dapat membandingkan tokoh dan perilaku dalam buku dengan orang yang Anda kenal atau menyamakan cerita dengan hidup Anda sendiri. Singkatnya, Anda sebagai pembaca, berkontribusi terhadap cerita. Kadang kala tokoh dalam cerita dapat menjadi teladan dalam kehidupan, mungkin memberikan penyelesaian atas sebuah masalah yang dihadapi pembaca dan akan mengubah perspektifnya atau pembaca akan menyelami buku tersebut sehingga sepertiberpindah dari kehidupan nyata kepada dunia dalam buku. Ketiak membaca buku seseorang akan merasadamai, gembira, maupun amarah. Apabila kita berhasil masuk kedalam cerita pada saat kita membaca maka jejak ingatan baru akan terbentuk dan membuat Anda semakin mudah mengingat kembali apa yang Anda baca.
Membaca untuk Mendapat Informasi
Skema praktis untuk mengingat bacaan adalah SQ3R, yang digunakan pada masa perang utnuk meningkatkan ketrampilan membaca dari anggota militer
Survey-membaca cepat materi untuk mendapat gambaran secara was.
Question-buatlah pertanyaan yang Anda ingin temukan jawabannya ketika Anda membaca teks
Read-membaca seluruh bahan dengan berfokus pada apa yang bermakna bagi Anda, garis bawahi pokok penting atau mencatatnya.
Recite-menceritakan apa yang baru Anda baca dengan cara mengulang hal-hal penting, lebih baik bila dengan suara keras, untuk meningkatkan daya ingat
Review-lihatlah catatan Anda atau materi yang Anda garis bawahi, diskusikan dengan teman, hal tersebut akan membantu memperkuat informasi agar tetap berada dalam ingatan Anda.
Membiasakan diri untuk menggunakan pendekatan yang teratur untuk membaca akan berkontribusi besar terhadap kualitas studi dan kesuksesan proyek daya ingat Anda.Strategi lain yang akan mwmbantu mengingat apa yang Anda baca adalah mempelajari apa yang dapat Anda ketahui tentang:
-          Latar belakang dan pengalaman penulis
-          Tujuan penulis dalam menulis (pertimbangkan sendiri seberapa berhasil si penulis mencapai tujuannya)
-          Atas dasar informasi apa penulis mengambil kesimpulan
-          Apa implikasi dari informasi baru ini dalam hidup Anda
Ingat Apa yang Anda Dengar
Kita mendapatkan informasi dari ceramah, film, televisi, dan berbagai percakapan. Sayangnya, kebanyakan dari kita tidak bisa menyimpan lebih dari 25% dari apa yang kita dengar. Salah satu alasannya adalah informasi ini biasanya didengar cuma sekali. Namun sejumlah hal dapat dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan mendengarkan. Sebelum mendengarkan pidato, periksa latar belakang data atau buatlah pertanyaan yang ingin Anda cari jawabannya. Hal ini membantu Andauntuk mengintegrasikan informasi baru. Bantuan lainnya:
-          Carilah hubungan dengan apa yang telah Anda ketahui sebelumnya
-          Rencanakan untuk belajar lebih bayak lagi tentang subjek itu
-          Buatlah catatan selama atau setelah mendengarkan pembicaraan
-          Tinjau ulang dengan berpikir tentang pembicaraan tersebut atau mendiskusikan dengan orang lain
Jangan Pernah Berhenti Belajar
Dorongan untuk memahami dapat menstimulasi proses belajar, ketrampilan daya ingat akan tumbuh. Belajar merupakan proses yang berlanjut seumur hidup. Dengan bertambahnya pengetahuan yang luar biasa di segala bidang dan dunia kita berubah dengan cepat, tetap mengikuti kemajuan di bidang yang mungkin pernah Anda sangat kuasai merupakan tantangan. Tetap pada bidang sekarang ini atau meloncat menuju subjek yang baru akan menstimulasi neuron yang jarang digunakan dan memperluas kekuatan daya ingat Anda.
Ekspresikan Orisinalitas Anda
Dalam setiap kegiatan kreatif, yang dipersiapkan dengan sungguh-sungguh pada akhirnya akan berhasil diaraih. Daya ingat sangat perlu untuk menjaga agar Anda tetap berhubungan dengan pilihan awal, apa yang telah Anda pelajari, dan rencana Anda dimasa depan. Dalam tugas yang kompleks, membuat catatan tentang apa yang telah Anda lakukan dan merencanakan apa yang akan dilakukan merupakan cara bantu yang penting sekali bagi ingatan.
Kembangkan Hubungan
Tak seorang pun bertahan hidup dalam kesendirian. Semenjak kita lahir, kita perlu merasakan berhubungan dengan orang lainuntuk bertahan hidup dan sehat. Dalam perjalanan kehidupan alami, setiap orang mengembangkan hubungan dan mencari cinta.Baik pria maupun wanita mendapat banyak manfaat dari perhatian timbal balik semacam itu. Ketika orang secara aktif terlibat dalam memberi dan menerima perhatian dan kepedulian satu sama lain, kenangan yang bermakna tercipta secara alami.
Namun, banyak orang dalam kelas pelatihan daya ingat mengeluh bahwa mereka tidak ingat lagi teman-temannya bahkan teman dekat. Menurunnya daya ingat seperti itu biasanya disebabkan oleh kurangnya perhatian, karena ada gangguan yang mengalihkan. Sejauh mana seseorang memberikan perhatian pada peristiwa tertentu, menentukan seberapa kuatnya ingatan orang akan peristiwa tesebut akan terintegrasi dalam ingatan. Bahkan dalam hubungan dengan orang dekat pun, gangguan dapat mengurangi perhatian. Gangguan semacam itu biasanya muncul ketika orang mempunyai sikap yang bertentangan. Mengevaluasi pendapat dan membat penilaian sementara orang lain berbicara dapat membuatAndatidak menyimak percakapan. Perhatian Anda kepada orang dan masalah mereka menentukan ingatan Anda tentang mereka dan apa yang telah kalian katakan dan lakukan bersama.
Mengingat Orang Asing dan Nama Mereka
Beberapa faktor mungkin dapat menggangu kemampuan Anda untuk menguasai nama orang asing ketika mereka diperkenalkan:
-          Pertama-tama adalah karena nama itu biasanya hanya disebutkan sekali. Penyebutan nama itu berlangsung hanya dalam hitungan detik dan diperkuat oelh “gema” di otak, setelah itu menghilang. Sebaliknya, wajah, postur, penampilan, dan suasana tetap terpantau beberapa saat setelah perkenalan tersebut.
-          Faktor kedua adalah ketidakmampuan untuk mendengar nama dengan benar. Jika serangkaian perkenalan berjalan cepat, nama-nama mungkin dapat tercampur aduk satu sama lain. Seseorang berbicara dengan suara pelan sehingga orang lain dengan sedikit gangguan pendengaran pun akan mengalami kesulitan untuk menangkap nama itu.
-          Faktor ketiga adalah tidak adanya perhatian. Anda mungkin terfokus pada penampilan dan pakaian dari orang yang diajak bicara, atau beberapa elemen lain yang ada disekitar misalnya Anda terlalu khawatir akan gagal mangingat nama orang tersebut.
-          Faktor keempat adalah stres dan periode stres sering muncul dalam kehidupan. Perasaan yang kuat seperti perasaan cemas atau kesedihan yang berlanjut membuat belajar segala sesuatu menjadi lebih  sulit dari biasanya.
Suatu strategi untuk mempelajari nama-nama orang asing yang telah terbukti berhasil:
-          Hentikan semua pikiran lainnya
-          Dengarkan nama itu
-          Lihatlah orang asing tersebut
-          Ulangi nama itu sesering mungikin dalam hati dan dalam percakapan
Suatu cara untuk mengingat teknik di atas adalah mengasosiasikannya dengan tAnda “Berhenti! Lihat! Dengar!”
Jika mengingat nama seseorang penting bagi Anda, berfokus hanya pada nama orang asing sebagai hal pertama yang menjadi perhatian selama perkenalan membuat Anda mampu mengembangkan kemampuan daya ingat. Pada saat itu segala sesuatu tentang orang tersebut harus dipAndang sebagai hal yang sekunder. Mengulang nama baik dalam hati atau diucapkan, akan membuat nama tersebut akan tersimpan dalam ingatan jangka pendek, ketika Andamemperhatikan hal-hal terkait dengan penampilan orang tersebut, lingkungan dan apa yang sedang Anda diskusikan akan membuat jejak pada inagatan dan akan tersimpan dalam ingatan jangka panjang.
Puji Akhiroh, IM1

0 komentar: