Melanjutkan resume sebelumnya kini memasuki bagian ketiga
sampai kelima, dimana dalam bagian ini penulis lebih banyak mengutarakan
terkait kepercayaan dalam hubungan dimana dalam bab ini akan disampaikan ada 13
perilaku yang mana akan meningkatkan nilai kepercayaan diri kita, sebuah
kepercayaan dalam Hubungan dengan orang lain.
Ke 13 perilaku ini jika kita aplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari baik dengan keluarga maupun rekan kerja maka akan
meningkatkan nilai kepercayaan kita. Mengapa kita mengutamakan sebuah
kepercayaan ? karena dari kepercayaan ini akan membuat kita semakin produktif,
meningkatkan keuntungan dan lebih utama membuat kita menjalani kehidupan lebih
mudah dan bahagia.
Dalam praktiknya tentu kita menjalankan ke 13 perilaku ini
harus seimbang, tidak kurang atau berlebih, secukupnya atau sekedarnya saja.
Suatu hal jika kita lakukan tidak maksimal maka hasilnya yang kita inginkan
tidak akan tercapai, tetapi jika suatu hal itu kita lakukan terlalu berlebih
maka hasilnya akan lebih buruk, karena kita akan dianggap berlebihan dan
citra buruk yang malah akan melekat pada diri kita. Maka dari itu semua hal
yang kita lakukan harus dilakukan maksimal tetapi tidak berlebih.
Adapun ke 13 hal yang perlu kita terapkan dalam perilaku
kita yaitu
1. Berperilaku dengan Berbicara apa adanya, 2. Menunjukkan rasa hormat
3. Menciptakan transparansi
4. Memperbaiki kesalahan
5. Menunjukkan loyalitas
6. Memberikan hasil
7. Menjadi lebih baik
8. Menghadapi kenyataan
9. Memperjelas harapan
10. Mempraktikan akuntabilitas
11. Mendengarkan terlebih dahulu
12. Memenuhi komitmen
13. Memberikan kepercayaan
Perilaku tersebut yang sebaiknya kita optimalkan dalam
berinteraksi dengan orang sekitar setiap harinya sehingga akan kita dapati diri
kita menjadi orang yang terpercaya dan menjadikan hubungan baik dengan orang
sekitar. Jika kita membaca bukunya Covey sendiri, beliau member contoh dari
masing-masing perilaku sehingga kita akan lebih jelas dalam memahami.
Kepercayaan lainya yang juga perlu kita perhatikan adalah
kepercayaan dalam organisasi, hal ini akan berkaitan terhadap orang-orang di
sekitar lingkungan kita, rekan kerja atau struktur organisasi lainnya. Hal ini
kita upayakan agar kita memiliki pengaruh baik di dalam organisasi sehingga
kita akan dapatkan banyak keuntungan baik material maupun keuntungan yang
bersifat kepuasan pribadi.
"Kepercayaan
adalah peramal yang paling berarti tentang kepuasan para individu dalam
organisaai mereka."
Jim Kouzes dan Barry Posner, para penulis bisnis"Para pemimpin yang baik seharusnya mempercayai orang-orang di sekeliling mereka."
Sir Richard Branson
Perlu sebuah keselarasan antara pribadi satu dengan lainya,
antara operator dengan para pimpinan organisasi atau perusahaan, sehingga akan
tercipta dan terlaksana kepentingan organisasi dengan maksimal dan tercapai
tujuan dari organisasi tersebut, bayangkan jika satu sama lain saling tidak
percaya maka masalah besar dalam organisasi ada di internal perusahaan, satu
sama lain akan saling menyalahkan, jangankan tujuan tercapai pekerjaan
pun akan terbengkalai.
Selanjutnya adalah kepercayaan Pasar dan Kepercayaan
masyarakat dan hal ini penting dalam perusahaan untuk menghasilkan produknya
hingga diminati masyarakat dan berimbas terhadap keuntungan perusahaan. Dari
diri sendiri kemudian hubungan dengan orang sekitar, dan dibawa dalam
organisasi selanjutnya akan kita dapati kepercayaan pasar dan masyarakat yang
akan sama-sama mengguntungkan.
So mari kita perbaiki diri untuk meningkatkan nilai jual Kepercayaan
kita terhadap orang lain, dengan ke 13 Perilaku dengan kepercayaan hubungan dan
selanjutnya kita bawa ke organisasi dan masyarakat, selamat mencoba dan selalu
berfikir positif.
Penulis : Stephen M.R. Covey
Hal : 217 - 514
Eko Yasin
0 komentar:
Posting Komentar