Minggu, 14 Juni 2015

Faceball (Inter Milan vs. AC Milan)



Penulis                  : Lygia Pecanduhujan
Penerbit                : Grasindo
Tebal halaman      : 192 halaman
Tahun terbit          : 2014




Final Liga Champions Eropa (2015) tadi malam menghadirkan buah simalakama bagi saya. Ehehehe. Betapa tidak, dua tim tersebut adalah tim yang saya benci. Jika Juventus menang, itu berarti Inter Milan (klub sepakbola favorit saya) akan punya saingan. Dan ini pasti jadi bahan utama untuk para Juventini menjadi berisik. Jika Barcelona juara, itu berarti Barcelona akan menjadi klub pertama di Eropa (dan dunia mungkin) yang bisa meraih treble winner dua kali. Karena dua tim ini tidak saya senangi, akhirnya saya memutuskan untuk tidak menonton final tersebut, dan menjauh dari ingar-bingar obrolan sepakbola pagi ini di socmed ataupun di tetangga sekitar.

Entah pengantar tersebut berhubungan atau tidak. Yang jelas resume saya kali ini akan membahas sebuah buku biografi klub sepakbola. Fisik bukunya sangat lux, berwarna dan penuh dengan tampilan visual yang menarik. Tidak heran karena memang kita sedang membahas sebuah biografi klub sepakbola, jadi memang sangat pas hal-hal visual ini ditampilkan. Saya tidak terlalu mengenal penulisnya, tapi karena sebagai penggemar sejati klub sepakbola Kota Milan ini, buku ini akhirnya saya beli. Buku ini sebenarnya buku biografi versus. Dalam hal biografi dua klub bola yang identik dengan lawan seterunya. Tapi untuk ukuran klub sepakbola, sebenarnya Internazionale dan AC Milan ini tidaklah terlalu berseteru. Karena sejarahnya, founder kedua klub ini adalah orang yang sama. Dan ketika pertandingan derby (satu kota) digelar, aroma persaingan sebenarnya tidak terlalu panas.

Tetapi resume ini hanya akan membahas satu klub saja. Tentu hal ini karena saya lebih ingin membahas klub favorit saya dibanding klub lain. Bagi yang kurang menyenangi sepakbola, ya tidak apa-apa membaca resume ini. Kadang kita perlu tau juga tentang sesuatu walalupun sebenarnya kita terlalu menyukainya. Lha terus buat apa dong? Ya misalnya bisa jadi modal pengetahuan ketika ngobrol dengan orang lain. Baiklah berikut adalah resumenya.

Klub yang bernama lengkap Football Club Internazionale Sportiva Associazone atau Internazionale Milan atau lebih singkat lagi Inter Milan adalah klub sepakbola dari kota Milan, Italia yang berdiri pada tanggal 09 Maret 1908. Awalnya, seperti yang saya ceritakan di awal, founder Inter Milan adalah juga founder AC Milan. Di Kota Milan pada awal 1900 hanya ada satu klub sepakbola yaitu AC Milan. AC Milan adalah klub sepakbola yang didirikan oleh orang Inggris yang bernama Herbert Kiplin dan Alfred Edwards. Mereka dibantu beberapa orang Italia dalam pendirian klub ini. Akan tetapi hal yang tidak mengenakkan kemudian muncul. Beberapa founder menetapkan peraturan yang diskriminatif. Anggota klub AC Milan hanya boleh diikuti oleh orang yang berasal dari Inggris dan Italia saja. Akhirnya karena diskriminasi ini memunculkan gelombang protes dari beberapa founder dan anggota klub. Mereka di antaranya adalah Giovanni Paramithiotti, Virgilio Fossati, dan Pietro Dell Oro (Italia), Hintermann bersaudara (Enrico, Artuto, dan Carlo Hintermann) dan Rietmann bersaudara (Swiss) untuk bersama-sama menyatakan sikap atas ketidaksukaan mereka terhadap kebijakan klub mengenai persyaratan anggota tersebut. Kemudian mereka akhirnya mendirikan Inter Milan. Internazionale berarti bahwa klub ini boleh diperkuat oleh siapa saja dari negara mana saja. Oleh karena itu, hingga kini, Inter Milan adalah klub Italia yang paling sedikit diperkuat oleh pemain Italia, karena beragamnya latar belakang dan negara para pemainnya.


Inter Milan berhomebase di stadion Giuseppe Meazza atau Milanisti lebih senang menyebutnya Stadion Sansiro. Giuseppe Meazza adalah legenda sepakbola Italia yang memperkuat kedua klub tersebut. Akan tetapi Milanisti lebih senang menyebut Sansiro karena Meazza lebih sukses menjadi pemain ketika berada di Inter Milan. Stadion berkapasitas 80 ribu lebih penonton ini adalah stadion bersejarah Italia milik Dewan Kota Milan yang disewa oleh kedua klub. Stadion ini mengalami pemugaran terakhir dalam rangka menghadapi piala dunia tahun 1990 di Italia.

Inter Milan adalah klub italia pertama dan satu-satunya hingga tahun 2015 ini yang mampu meraih treble winner (Juara Liga, Piala Liga, dan Champions Eropa di tahun yang sama). Inter Milan bersama-sama dengan MU, Barcelona, Bayern Munich adalah tim-tim peraih treble winner satu-satunya di tiap liga top Eropa. Walaupun sekarang prestasi klub ini masih belum bisa menyamai di tahun 2010, tetapi Inter Milan adalah satu-satunya klub Italia yang berada di 10 besar koefisien Eropa. Pelatih-pelatih top yang pernah menangani klub ini mulai dari 3 dekade terkhir di antaranya adalah Giovanni Trappattoni (dia adalah pelatih asal Italia yang memiliki banyak gelar klub), Alberto Zaccharoni (sempat sukses bersama AC Milan), Hector Cuper, Leonardo, Roberto Mancini, Rafael Benitez dan sederet pelatih top lainnya. Tentu yaang paling fenomenal adalah Helenio Herera. Pelatih Inter di era 60-an yang mampu menghadirkan 5 juara liga italia dan 2 piala champions. Zaman kini juga ada. Siapa yang tidak mengenal Jose Maurinho, pelatih jenius asal Portugal ini adalah pelatih yang mengantarkan Inter meraih treble winner untuk pertama kalinya dalam sejarah klub Italia. Dalam dua tahun ia melatih Inter (2009 dan 2010), lima gelar telah dia persembahkan.

Inter Milan kini murni di-presiden-I oleh orang Indonesia, Erick Thohir, setelah sebelumnya Massimo Morati menjual sebagian besar kepemilikan sahamnya pada pengusaha kaya asal Indonesia itu. Erick Thohir merupakan anak dari pengusaha Indonesia bernama Thohir. Beberapa lini bisnisnya memang kebanyakan di dunia media dan klub olahraga. Dia adalah pemilik klub sepakbola USA (DC United), salah satu klub basket NBA, Komisaris Persib, Komisaris VIVA Media, dan juga pemilik Inter Milan saat ini.

Mengenai prestasi, saat ini Inter dan AC Milan adalah peraih gelar juara liga terbanyak setelah Juventus (30-an gelar juara). Untuk juara liga champions, AC Milan mengoleksi 7 gelar, Inter 3 gelar dan Juventus baru 2 gelar.

Berikut adalah fakta lain yang menarik mengenai Inter Milan:
+ selain sebagai klub satu-satunya yang meraih treble winner saat ini, Inter Milan juga merupakan satu-satunya klub yang belum pernah turun kasta di Liga Italia.
+ situs klun inter.it adalah situs sepakbola tertua di dunia
+ Inter pernah mencatat 30 kemenangan di liga serie-a dalam satu musim. Terbanyak dari klub italia manapun
+ hasil polling majalah Sky, penduduk asli kota Milan lebih banyak yang menjadi pendukung Inter ketimbang AC Milan
+ Inter adalah klub italia yang memiliki pemain asing terbanyak. Total ada 190 pemain asing dari semenjak berdiri
+ Bambang Pamungkas dan Valentino Rossi adalah Interisti sejati
+ Legenda Jerman (Lothar Matthaus) dan Legenda Brazil (Ronaldo da Lima) meraih Ballon d’Or saat membela Inter Milan
+ Gaya sepakbola Catenaccio (sistem pertahanan grendel) yang menjadi ciri khas permainan Italia adalah diinspirasi dari Inter Milan kala dilatih oleh Helenio Herrera
+ Inter Milan adalah satu-satunya klub Italia (setidaknya hingga tahun 2015) yang mampu mengalahkan Barcelona era Lionel Messi di kompetisi resmi

Demikianlah yang dapat diresume dari buku tersebut. Saya menjadi penggemar sejati klub ini dari mulai kelas 6 SD karena tim-nya selalu bertabur bintang. Dan sebagaimana layaknya penggemar sejati, kapanpun dan di mana pun pada siatuasi dan kondisi apapun klub tersebut sedang berada, kami akan selalu mendukungnya. C’è solo l’Inter, per me, solo l’Inter.

Deri IM1

0 komentar: