Senin, 08 Juni 2015

Wonderful Couple, Menjadi Pasangan Paling Bahagia (Seri Wonderful Family)



Judul                : Wonderful Coupke, Menjadi Pasangan Paling Bahagia (Seri Wonderful Family)
Penulis             : Cahyadi Takariawan
Penerbit           : Era Adicitra Intermedia
Cetakan           : 1, Januari 2015
Jum halaman   : 354 halaman





Cahyadi Takariawan, lahir di Karanganyar, 11 Desember 1965. Alumni Fakultas Farmasi UGM. Sekarang aktif di Yayasan Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Umat (YP2SDU) dan juga sebagai konselor serta trainer di Jogja Family Center (JFC).

Siapa sih yang tidak ingin menjadi pasangan paling bahagia? Bahagia di dunia dan bahagia di akhir tentunya. Pasangan itu merupakan penyempurna bagi yang lain, sehingga menjadi pelengkap bagi kehidupan. Kita banyak menyaksikan di lingkungan kita pasangan yang hidupnya romantis dan bahagia, serta terlihat tidak banyak masalah yang menerpa dalam bahtera rumah tangganya. Inilah Wonderful Couple. Ada diantara mereka yang tinggal di rumah tipe SSSSS (sangat semmpit, sesak dan susah selonjoran), ada pula yang tinggal di rumah gedongan, ada yang bekerja di lahan pertanian, hingga perkantoran. Ada yang berpendidikan rendah, ada pula yang berpendidikan tinggi. Ada yang memakai mobil mewah, ada pula yang kesana-kemari hanya menunggangi telapak kaki.
Namun, mari sejenak kita melihat sisi lain. Dibalik kebahagian tadi, banyak pula pasangan-pasangan yang timbul tenggelam, rumah tangganya hancur lebur dan berujung pada perceraian. Semua tidak terlepas dari bagaimana cara kita menapaki perjalanan bersama. Di buku Wonderful Couple dijelaskan bahwa persahabatan dan komitmen menjadi faktor utama dalam membentuk keluarga bahagia. Selain itu, faktor humor juga memiliki kontribusi guna membangun kebahagian keluarga. Wonderful Couple bukanlah keluarga yang berwajah tegang dan kaku karena hidup di bawah tekanan, namun Wonderful Couple adalah pasangan yang harmonis, serasi dan bahagia karena memiliki landasan iman yang teguh, meletakan pernikahan di atas motivasi ibadah, taat menjalankan perintah Allah dan meneladai Rosulullah saw.
Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan guna membentuk Wonderful Couple, yaitu : pertama dewasa menghadapi masalah. Diakui atau tidak masalah pasti kan selalu datang, tidak kenal waktu, perlu diingat ketika masalah datang, janganlah bertengkar, karena pertengkaran dapat merusak kebahagian. Jangan biarkan hal-hal kecil dalam kehidupa harian merusak kebahagian. Hadapi saja permasalahan bersama pasangan. Semua akan indah jika mampu bersikap yang tepat disaat yang tepat. Kedua, bijaklah dalam menyikapi konflik. Sesungguhnya jika kita mau melihat lebih jauh, ternyata konflik itu ada manfaatnya, yaitu : menyadarkan diri bahwa ada persoalan yang harus diselesaikan, mendorong untuk melakukan perubahan, menjadikan kehidupan lebih menarik. Ketiga, menghadapi intervensi teknologi. Pernah mendengar kisah perceraian karena teknologi? Berita seperti ini sering kali menjadi santapan infotainment setiap hari. Teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Perlu adanya tindakan yang tepat guna menjadikan teknologi sebagai sarana membangun keluarga yang hakiki.
Keempat, menikah tidak untuk berpisah. Tau kah kamu? Bahwa setiap jam ada 30 pasangan yang bercerai di Indonesia. Semua bukan karena satu atau dua faktor, namun karena suatu permasalahan yang terus menerus dipupuk dan akhirnya menumpuk. Tentu saja perceraian bukan suatu kehendak dalam sebuah pernikahan, yang harus dilakukan adalah menguatkan kebersamaan dan keharmonisan keluarga. Keelima, menyelaraskan perbedaan. Perbedaan adalah sebuah anugrah yang harus disyukuri agar menjadi awal munculnya keberkahan. Adanya perbedaan adalah sebuah hal mendasar. Pernikahan pun terjadi karena adanya perbedaan bukan? Oleh karenanya marilah sikapi perbedaan sebagai sebuah rahmat.
Kebahagian bersamaa pasangan, tentu tidak bisa hanya dengan usaha yang bercorak fisik atau material semata. Kita wajib melibatkan Allah agar mendapatkan kemudahan dalam menghadapi setiap kesulitan, kesabaran dalam menghadapi setiap ujian. Persoalan kehidupan itu datang dan pergi tanpa diundang, datangnya tak kenal waktu, pulangnya pun tidak dapat diprediksi. Do’a dan usaha menjadi bagian guna membentuk Wonderful Couple. Sudahkan kita menjadi Wonderful Couple? Berkaca pada diri hihi....

0 komentar: