Senin, 08 Juni 2015

Kembangkan Potensi Diri Anda Sepenuhnya

Judul Buku          : Kembangkan Potensi Diri Anda Sepenuhnya
                              Kiat Meraih Sukses Sesuai Tuntunan Islam
Penulis                : Dr. Awadh bin Muhammad al-Qarni
Penerbit              : Mitra Pustaka 
Tebal buku          : 338 halaman
 
 
 
Keberhasilan itu hanyalah dengan kekuatan, kebenaran, keinginan dan keteguhan , sedang kegagalan hanyalah karena ketidakbenaran, ketidakmampuan, keinginan yang lemah dan pandangan yang kacau. Begitulah cuplikan kata pengantar dari penulisnya.
Buku ini dibagi dalam tiga bagian yaitu:
Yang pertama, Memahami diri sendiri untuk mengembangkan diri secara bertahap dan meningkatkan kemampuan bekerja. Nilai hidup kita terletak pada tujuan dan hendaknya kita berusaha mencari ridho dari Allah dengan cara-cara yang ditentukan oleh Allah dalam mencapai tujuan itu. 
Cara menetapkan tujuan dapat kita awali dengan pemberian urutan prioritas terhadap setiap kegiatan karena orang yang ingin mencapai tujuan pastilah ia orang yang berambisi dan memliki keinginan yang kuat sehingga dengan melakukan prioritas ia bisa terhindar dari kebiasaan melakukan pekerjaan yang tidak memiliki tujuan atau tidak bermanfaat. 
Kemudian hiduplah teratur karena itulah syarat kesuksesan, dengan pengaturan yang baik kita akan menghargai waktu dan waktu adalah kehidupan, jadi gunakan waktu dengan sebaik-baiknya.Rasulullah bersabda; sesungguhnya Allah suka pada salah seorang diantara kalian yang apabila melakukan pekerjaan kemudian ia menyempurnakannya. 
Hidup teratur adalah hidup yang terencana, merencanakan setiap kegiatan dengan memperhatikan kemampuan dan sarana dengan sumber daya secara seimbang , melaksanakannya dengan penuh kepercayaan dan memeriksa hasil yang telah dicapai untuk kemudian menjadi bahan koreksi diri. 
Jalan pertama menuju kesuksesan adalah keberhasilan  dalam mengatur diri sendiri, mulai dari merencanakan, mewujudkan apa yang direncanakan, memberi manfaat bukan saja untuk diri sendiri tapi juga orang lain, berfikir positif, cerdas bertindak, bijaksana dan juga menjaga kesehatannya. Allah berfirman  Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (QS ar-Ra’d ayat 11). 
Yang kedua, Interaksi  dan Komunikasi yang Baik dengan Orang Lain. Komunikasi adalah menempuh jalan dan cara terbaik untuk memindahkan pengetahuan, makna, perasaan dan pendapat kepada orang lain, mengetahui pemikiran mereka, mengarahkan mereka dan agar mereka menerima apa kemauan kita. Interaksi dalam komunikasi bisa disampaikan melalui berbicara, bahasa mata, pengungkapan dengan raut wajah dan anggota tubuh lainnya. Komunikasi yang baik akan menjadi efektif dengan bahasa yang lugas jelas dan mampu mempengaruhi, dan tentunya memiliki pendengar yang baik karena komunikasi yang sempurna jika komunikasi dilakukan dengan 2 arah.
Dengan komunikasi kita akan mampu membangun hubungan dengan orang lain. Dalam hal ini hendaklah kita juga memperbaiki hubungan kita dengan Allah maka Allah akan memperbaiki hubungan kita dengan orang lain. Manfaat  membangun hubungan dengan orang lain, salah satunya adalah kita akan memahami sifat-sifat mereka yang pada akhinya akan memperkaya kita untuk memilih pendekatan yang tepat dalam berkomunikasi.
Yang ketiga, Mencapai Sukses dalam Pekerjaan. Setiap orang hakikatnya menghargai hidup dan mengerahkan kemampuannya untuk mengerjaan pekerjaan yang baik dan produktif dengan cara-cara yang mulia dan paling banyak memberikan sumbangan dan hasil.
Dalam bagian ketiga ini setelah penulis mengajak kita memahami diri sendiri sehingga kita bisa mampu membuat tujuan hidup dengan perencanaan yang baik dan memberikan wawasannya tentang komunikasi dalam membangun hubungan dengan orang lain, kemudian penulis memberikan teknik-teknik untuk memahami kemampuan manajemen yang baik, kemahiran melakukan pendelegasian dan rapat, dan kemahiran berinteraksi  agar kita mampu meningkatkan hasil produksi, mampu berunding dengan orang lain dan membangun pandangan ke depan pada pekerjaan kita.
Bila semua tujuan anda terwujud maka itulah yang diharapkan setiap orang, namun bila tidak maka jangan pernah berputus asa untuk mengusahakannya sekali lagi dan seterusnya. Semoga kita memperoleh apa yang kita harapkan. 
Kunci utama sukses adalah percaya pada Kekuasaan Tuhan dan mensyukuri Potensi diri sepenuhnya. Semoga Allah memberikan pertolongan, penjagaan dan menyempurnakan nikmat-Nya bagi kita semua. Aamiin

0 komentar: