Minggu, 01 Maret 2015

Ayah Edy Punya Cerita



Judul Buku      : Ayah Edy Punya Cerita
Penulis             : Ayah Edy 
Tebal               : 304 halaman
Penerbit           : Noura Books




Buku yang sebelumnya pernah diterbitkan dengan judul “I Love You Ayah Bunda” ini bercerita tentang kisah – kisah inspiratif tentang pengasuhan dan pendidikan anak – anak.
Diawali dengan kisah dari negeri Timur Tengah, ketika seseorang bertanya kepada Seorang Nabi yang bijaksana tentang Bagaimana cara mengasuh kelima anak mereka yang sulit diatur dan nakal, kemudian sang nabi menjawab “ Wahai orang tua yang baik, mulai saat ini ubahlah satu demi satu perilakumu menjadi lebih baik dan sekarang pulangah, insya Allah anak – anakmu akan berubah menjadi lebih baik.” Dan ternyata dalam pandangan psikologi modern ternyata 70% perilaku anak merupakan cerminan dari orang tua. Berarti ketika kita menginginkan anak yang sholeh dan sholehah maka jadilah orang tua yang sholeh dan sholehah terlebih dahulu.
Anak bisa diibaratkan dengan metamorfosis dari kupu – kupu. Ketika masih kecil keras kepala, susah diatur, hiperaktif siapa tahu besarnya akan menjadi seorang pemimpin yang hebat, menjadi orang yang sukses bisa membantu yang lain, asalkan mereka didik dengan baik, diarahkan dengan benar.
Ada sebuah kisah dari Thomas Alfa Edison, dia hanya butuh waktu 3 bulan saja untuk di drop out- kan dari sekolah, dan lihat kini kita telah menikmati penemuan – penemuannya. Pasti ada yang salah didiri Thomas dimata sekolah hingga dia di DO, tapi tidak ada yang salah kalau dilihat dari sisi ibunya, Nancy Alliot. Dia bukanlah seorang ilmuan atau psikologtapi seoran ibu rumah tangga dan konon single parent, tapi dengan pikirannya yg positif dia mampu mengarahkan anaknya hingga menjadi seorang penemu, dengan lebih dari 1000 hasil temuannya yang telah dipatenkan. Nancy Alliot mendukung dan memotivasi anaknya. Ketika Dia tidak bisa menjawab apa yang ditanyakan Thomas, maka ia mengajak Thomas ke perpustakaan, menunggui Thomas hingga menemukan jawaban dari semua pertanyaan. Kalau pun Thomas tidak bisa menemukan jawaban dari buku maka Nancy pun membawa Thomas untuk bertemu dengan orang – orang yang ahli dalam bidangnya. Dan kalau sang ahlipun tidak tahu jawabannya maka sang ibu pun berbicara “ Thomas anakku sayang, kita telah buktikan bahwa tak seorang pun bisa menjawab semua ini dan tak satupun pernah ditulis orang tentang hal ini. Thomas sayang, kamu tahu apa artinya? Ya..itu artinya kamulah yang diminta Tuhan untuk menemukannya bagi orang lain. Ayo nak! Kamu coba dan coba terus, Mommy yakin satu saat kamu pasti berhasil!” Kalimat yang keren, dari seorang ibu beranak keren pula..
Aji Mindarsih _IM1

0 komentar: