Selasa, 17 Maret 2015

BRAIN UP – GRANDING ala Orang Jepang




Judul                            : BRAIN UP – GRANDING ala Orang Jepang
Penulis                         : Hiroshi Hiragama
Penerbit                       : Scritto Books Publisher
Peresume                     : Yessy Esti


                                                    
                                             

            “ Bagaimana Budaya Bisa Mempengaruhi Daya Ingat Seseorang” Banyak hal yang bisa mempengaruhi daya ingat seseorang. Satu hal yang tidak terduga namun bisa mempengaruhi daya ingat adalah budaya. Sebuah studi menyebut orang Amerika cenderung lebih baik dalam mengingat objek atau benda sedangkan orang Asia terutama Asia Timur lebih baik dalam mengingat orang. “ Budaya memang benar- benar mempengaruhi apa yang Anda anggap penting atau tidak penting terkait hal yang terjadi disekitar Anda “ imbuh Angela Gutchess ( Asisten Prof. Psikologi di Brandeis University ). Otak merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, maka penting bagi kita untuk menjaga kesehatan otak setiap harinya. Berikut tiga kunci agar otak tetap sehat :
-          Makanan bernutrisi dan suplemen
Salah satu nutrisi super mulai dari makanan dan suplemen yang kaya antioksidan. Makanan yang kaya antioksidan seperti : Blueberry, Kacang, Berries, Ikan Salmon, dan Rempah- rempah. Untuk suplemen bisa mengkonsumsi vitamin E karena sangat berkaitan dengan kesehatan kognitif , selain itu pilih suplemen yang mengandung curcumin sebab bahan aktif didalamnya dapat mencegah penyakit Alzheimer.
-          Olahraga 
Dengan jogging 15 menit sehari mampu membantu peredaran darah lancar dan otak Anda akan terus tersuplai dan darah segar.
-          Meditasi
Aktivitas yang menenangkan pikiran dan tubuh anda, aktivitas tersebut dapat mencegah penyusutan otak, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan hubungan antar saraf. 

A.    Cara Melatih Otak ala Orang Jepang
-          Brain Age memiliki komponen yang menguji dan meningkatkan kemampuan matematika , kemampuan memori serta kemampuan meningkatkan jalur saraf. Kawashima menciptakan video game yang dapat digunakan untuk meningkatkan penalaran mental dan bahasa (Game Nintendo Brain Age )
-          Sudoku Puzzle jepang yang melatih penalaran dan analisis otak
-          Anzan merupakan awal dari adanya latihan otak di Jepang dalam bahasa inggris “Anzan” diartikan “ Perhitungan Mental “ yang melibatkan serangkaian panjang hitungan angka dengan membayangkan sempoa (Sempoa digambarkan dlm pikiran)

B.     ( 9 Tips Meningkatkan Daya Ingat )
Daya ingat adalah hal yang berhubungan dengan otak, otak juga membutuhkan asupan gizi dari makanan dan beberapa vitamin . Berikut cara meningkatkan daya ingat dilansir dari Gudangsehat.com :
-          Jangan Berhenti untuk belajar sesuatu
-          Menyaring Informasi
-          Menjalin Sosial dengan banyak teman
-          Membuat Kebiasaan baru
-          Gunakan gambar atau permainan – permainan
-          Aktif Belajar
-          Gunakan Akronim/ singkatan
-          Olahraga secara teratur
-          Mengkonsumsi makanan yang tepat 

C.     Penyebab berkurangnya daya ingat :
-          Kurang Tidur 
-          Depresi
-          Penyakit Diabetes ( disebabkan oleh gula dalam tubuh ) Banyak pasien yang mengalami gagal sistem vaskular yang terus berlanjut dan hal ini dapat membuat pengurangan sistem daya ingat karena kurangnya pasokan nutrisi otak .
-          Tidak mengkonsumsi Alkohol dan Obat- obatan
-          Kurangnya vit B12 ( Vit. B12 untuk  menjaga kesehatan sistem saraf pada otak dan membantu pembentukan sel darah dan makanan yang mengandung B12 adalah daging, keju, telur dan sereal ) 

D.    Melemah Daya Ingat  ( Pikun )
Biasanya dialami oleh para orang tua, namun saat ini pikun menyerang anak muda atau dewasa muda. Gejala tersebut disebut Short Memory Syndrome (SMS) membuat penderita melupakan tindakan yang baru ia lakukan. Beberapa pemicu terjadinya kepikunan :
-          Beban Kerja yang tinggi
-          Adanya peredaran darah keotak yang terganggu
-          Adanya teknologi yang tinggi sehingga otot dan otak tidak lagi digunakan secara maksimal dan daya ingat pun menurun.
-          Pencegahan nya dapat dilakukan dengan :
Memperbaiki pola makan, konsumsi asupan bergizi, kurangi penyedap rasa (MSG).
Stimulasi otak dengan cara bermain catur, puzzle dan TTS.

E.     Tulis Tangan Bisa Memperkuat Daya Ingat
Menurut jurnal Psychological Science “ pergerakan menulis dengan tangan meninggalkan memori (daya ingat) pada bagian sensormotor otak yang membantu orang mengenal huruf dan membangun hubungan antara membaca dan menulis. 

F.      Mengepalkan Tangan ternyata bisa bikin otak encer
Para peneliti  dari Montclair State University, mengepalkan tangan kanan selama 90 detik dpt memperbaiki formasi memori dan mengepalkan tangan kiri bisa membantu mengembalikan informasi.

G.    Senam Otak untuk kecerdasan anda sebagai berikut :
-          Gerakan silang                        - Menguapa berenergi
-          Olengan Pinggul                     - Luncuran Gravitasi
-          Pengisi Energi                         - Tombol imbang 

H.    Berikut gerakan Brain Games :
-          Gerakan Sakelar Otak             - Tombol Bumi            - Kait Relaks
-          Gerakan Silang                        - Tombol Imbang 

I.       Senam Otak agar tak cepat pikun
-          Mempelajari satu kata baru sehari
-          Bermain video game               - Berjalan
-          Menghargai seni                      - Menantang Diri
-          Menjaga berat badan ideal      - Konsumsi kenari dan blueberry dalam diet harian
-          Terus belajar                            - Bermain dan Beristirahat 

            Otak tetap fresh dan encer meski usia sudah uzur menjadikan kebanggan tiap orang dan tetaplah menjaga kesehatan otak dengan benar. Berhati- hati lah jika usia muda terkena “SMS” tetaplah menstimulasi otak dengan menuntut ilmu dan mempelajari hal- hal yang baru dan belum pernah kita ketahui akan membantu otak kita tetap eksis bekerja. “ Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah ) “  HR. Ibnu Majah

0 komentar: