Selasa, 17 Maret 2015

Jadi…Anda Ingin menjadi pengusaha?


Judul : Jadi…Anda Ingin menjadi pengusaha?
Penulis : John Rusly
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Tebal buku : 246 hal

Penulis menyadari bahwa setiap pengusaha mempunyai Tips dan Trik agar sukses jadi pengusaha. Namun, penulis akhirnya mencoba menulis buku berdasarkan pengalaman pribadi. Buku ini tidak berisi materi per subbab namun berisi diskusi antara seorang Tokoh berama Chelsea yang merupakan seorang karyawati cantik yang ingin menjadi pengusaha dan seorang Coach yang merupakan seorang entrepreneur yang akan menjadi pembinanya. Buku ini dibagi menjadi tiga Bagian.

Bagian I : Jadi, anda ingin menjadi pengusaha?

Diskusi pertama antara chelsea dan coach adalah tentang apakah niat chelsea untuk menjadi pengusaha itu benar-benar beralasan kuat ukan sekedar hanya ingin kaya karena jika ingin kaya kita tidak perlu menjadi pengusaha. Kita tidak bisa memandang hanya dari segi enaknya menjadi pengusaha karena tidak ada pengusaha yang langsung menjadi sukses. Banyak harga yang harus dibayar untuk menjadi pengusaha : hidup hemat, waktu senggang yang hampir tak ada, menunda bersenang-senang, stres, dan sedikit waktu untuk bergaul dengan teman-teman. Ketika baru memulai usaha kita harus siap untuk ini, tetapi jika kita sudah tergolong pengusaha sukses kita pun akan mendapat hasil yang membayar semua harga ini. Di bagian diskusi terakhir Chelsea diberikan “Entrepreneur Test” untuk menguji apakah Chelsea sudah siap jadi Pengusaha. Intinya untuk menjadi pengusaha tidak cukup hanya membayangkan enaknya namun pahitnya juga harus dibayangkan.

Bagian II: Menjadi pengusaha itu mudah

Di bagian pertama sepertinya terlihat bahwa untuk memulai sebuah usaha bukan perkara mudah. Namun di bagian II ini malah coach bilang menjadi pengusaha itu mudah! Lah, chelsea jadi bingung. 

Pertama, kalahkan dahulu rasa takut kita. Lalu, coba telusuri hasil entrepreneur tset kita dan cari solusinya. Lalu, berdamailah dengan masalah lalu kita yang gagal. Jika gagal usaha 1, coba lagi usaha berikutnya, terus dan terus sampai berhasil. Betapa banyak pengusaha sukses malah berawal dari kegagalan. Mereka tidak menganggap itu kegagalan namun pelajaran agar tidak diulang lagi dikemudian hari. Sebenarnya yang menganggap itu “gagal” atau “pelajaran” tinggal stigma berpikir kita. Coach mengatakan bahwa memulai usaha itu mudah caranya: Anda tinggal berangkat ke grosir, belanja beberapa jenis barang, lalu memajangkan di depan rumah anda. Mulai lah usaha!!!

Bagian III: dilanjutkan selanjutnya ya,he

By Mela Azizah IM1

0 komentar: