Rabu, 18 Maret 2015

__Aplikasi Kalsium untuk mengurangi cemaran getah kuning pada buah manggis__










Cemaran buah manggis pada buah manggis merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu buah manggis untuk di ekspor. Getah kuning merupakan lateks yang dihasilkan secara alami pada seluruh bagian tanaman manggis. Getah ini menjadi masalah ketika saluran yang dilalui pecah dan dapat menyebar ke daging buah manggis (aril) sehingga terasa pahit.
Pecahnya saluran lateks tersebut disebabkan oelh faktor internal dan lingkungan. Faktor internal disebabkan karena adanya suatu masa dimana perkembangan aril dan biji yang lebih cepat dibandingkan perkembangan kulitnya sehingga ada tekanan ke kulit buah.
Faktor lingkungan yaitu disebabkan cuaca yang ekstrim, yaitu panas kemudian beberapa lama setelah itu hujan. Curah hijan yang tinggi menyebabkan adanya peningkatan potensial air tanah yang terjadi secara tiba-tiba. Terjadinya peningkatan potensial air tanah tersebut mengakibatkan penyerapan air pada sel epitelum meningkat sehingga terjadi peningkatan tekanan terhadap dinding sel epitelium yang menyebabkan dinding selnya pecah.
Pecahnya dinding sel tersebut ada hubungannya dengan kalsium di dinding sel. Defisiensi kalsium dapat mengakibatkan saluran getah kuning rusak sehingga cemaran getah kuning sehingga cemaran getah kuning pada buah manggis pun meningkat. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi rusaknya saluran getah kuning tersebut adalah dengan pemberian kalsium. Pada penelitian ini kalsium ditambahkan dengan menggunakan media pupuk.
Penelitian ini dilakukan di Bogor dan Purworejo. Kenapa di kedua kota tersebut?
Karena menurut penelitian sebelumnya, yaitu manggis untuk ekspor banyak berasal dari kota tersebut. Selain itu disebutkan pula bahwa di penelitian sebelumnya kedua kota tersebut yang mengandung banyak getah kuningnya.
Dari kedua kota tersebut, buah manggis yang mengandung banyak getah kuning yaitu dari Purworejo. Pemberian pupuk kalsium nyata dapat menurunkan camaran getah kuning pada buah manggis, baik pada kulit, aril maupunjuring buah dibandingkan dengan tanpa pemberian pupuk kalsium.
Pemberian pupuk dolomit (yang dilakukan dalam penelitian ini) dengan dosis 1.5 kg ca2+ per pohon mampu menurunkan skor dan presentase aril yang tercemar getah kuning pada buah manggis.

Sekian, dari saya
Semoga bermanfaat
#mari makan buah
__Ani im2 masih di Bogor__

0 komentar: