Selasa, 17 Maret 2015

Hilangkan Stress dengan Terapi Hipnoikhlas

Judul buku           : Hilangkan Stress dengan Terapi Hipnoikhlas
Penulis                 : Mohammad Irsyad


 
 
Dalam mengarungi bahtera kehidupan ada banyak kerikil kerikil yang dilewati dan bisa jadi akan bertemu dengan jalanan yang berlubang besar atau pun batu besar, demikian dalam menghadapinya pun  juga bervariasi. Salah satu yang terjadi adalah muncul yang namanya stress. Kenalan dulu. Stress adalah reaksi pikiran (jiwa) dan tubuh (raga) terhadap situasi yang nyata atau dibayangkan. Dalam ilmu hipnosis, stress merupakan kecemasan, kekhawatiran, atauapun ketakutan yang berlebihan. Perasaan tersebut m8uncul jika kita mengalami kesulitan saat berhadapan dengan unit informasi yang dirasa membahayakan diri kita baik dikenal ataupun tidak dikenal. Faktornya berupa lingkungan eksternal, tubuh kita, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.
Adapun proses stress yaitu jika mendapatkan stressor (situasi yang menyebabkan reaksi ini) pikiran dan tubuh akan merespon yang dimulai dengan reaksi mental  yang melibatkan keyakinan dan pikiran tentang diri sendiri dan kehidupan.  Ketika ada pikiran dalam keadaan berbahaya atau terancam maka akan merangsang pengeluaran hormon ACTH (adreno cortico tropic hormone) ke dalam darah mengalir menuju kelenjar adrenal  yang meningkatkan pengeluaran jumlah adrenalin dan serangkaian hormon lain yang menyebabkan tubuh terangsang. Beberapa oto dan pembuluh darah mengkerut, menaikkan tekanan darah, kecepatan pernapasan karena naiknya persediaan oksigen dalam darah. Otak membutuhkan lebih banyak pasokan darah, pencernaan melambat. Muncul proses fight and flight.
Masalah merupakan akar dari stres, masalah merupakan ujian kehidupan ketika seseorang mendapat sebuah masalah berarti ia sedang memulai lembaran kesuksesan dalam hidupny, jika ia mampu mengatasi masalah tersebut maka ia telah menuliskan sebuah puisi yang indah, puisi kehidupan tersebut untuk dinikmati dan dirasakan dan inilah orang sukses yang akan diangkat derajatnya oleh Allah swt.  Dalam sebuah hadist dikatakan Sa’ad bin Abi Waqash berkata “Aku pernah bertanya ‘wahai Rasulullah! Siapakah orang yang paling besar cobaannya? Beliau menjawab, para nabi kemudian orang-orang shaalih, kemudian yang sesudah mereka secara berurutan berdasarkan tingkat keshalihahannya. Seseorang akan diberi ujian sesuai dengan kadar agamanya, bila ia kuat ditambah cobaan baginya, kalau lemah dalam agamanya akan diringankan cobaan baginya. Seorang mukmin akan tetap diberi cobaan, sampai ia berjalan dimuka bumi ini tanpa dosa sedikit pun (HR.Bukhkari). masalah harus dilalui dan dihadapi. Mengelola masalah menjadi berkah, selalu mengambil hhikmah atau pelajaran yang terdapat disetiap masalah dan sebagai koreksi diri agar lahir pribadi yang lebih baik, dengan pikiran bebas berkreasi, tidak ada putus asa yang ada hanyalah rasa optimis yang membumbung tinggi.
Dampak stres bagi manusia berupa penyakit psikologis, merusak tubuh atau fisik, menutup energi positif, mempersulit datangnya rezeki, memperpendek usia dan dapat menjauhkan diri dari Allah swt.
Dalam menghadapi masalah maka perlu keikhlasan dalam menyikapinya, ikhlas itu sebuah proses yang panjang, kesabaran sebagai kunci utama ikhlas, untuk meperoleh kesabaran yang sempurna harus berani merasakan sakit, berpikir positif, jangan mudah menyimpulkan, belajar dari pengalamn orang lain, tidak mudah menyerah. Keikhlasan itu naik turun.
Cara menghilangkan stres dengan terapi hipnoikhlas diantaranya memunculkan niat agar bisa terhindar dari stres, untuk memunculkan niat harus disertai keyakinan dan keikhlasan yang kuat kepada Allah swt, sehingga apa yang dilakukan bisa menjadi lebih fokus. Selanjutnya mewujudkan rasa ikhlas itu dengan mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah. Diakhiri dengan membuka titik-titik atau jalur energi dengan melakukan teknik tapping (mengetuk-ngetuk titik atau jalur meridian di dalam tubuh) dilakukan agar rasa ikhlas atau energi spritual yang telah merasuk meghadap di dalam diri bisa menyebar ke seluruh tubuh. Wallahuwalam.

By Ati IM2

0 komentar: