Minggu, 26 April 2015

How To Be Interesting



Judul buku       : How To Be Interesting 
Penulis             : Jessica Hacy
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama





Apakah Anda sudah merasa menjadi pribadi yang menarik?? Jika jawaban Anda ‘belum,’ berarti buku ini direkomendasikan untuk Anda. ‘How To Be Interesting,’ Cara Menjadi Menarik Dalam 10 Langkah Sederhana, buku ini menjelaskan bagaimana untuk menjadi pribadi yang menarik dalam 10 langkah sederhana. Apakah itu? Selamat membaca resumenya.

Sebenarnya kenapa kita harus menarik? Dalam buku ini menjadi pembuka karena untuk :
-          Untuk membatasi penyesalan
-          Supaya Anda dapat menghormati diri sendiri
-          Untuk menghilangkan kebosanan
-          Supaya Anda dapat meninggalkan jasa, bukan noda
-          Dan terutama karena Anda bisa.

#1 Ayo Mengeksplorasi [jelajahilah gagasan-gagasan, tempat-tempat, pandangan-pandangan, dalam ruang gema adalah temapt semua orang yang kebosanan bercengkeramanya]
-          Bicaralah dengan yang belum Anda kenal untuk bertukar informasi dan wawasan baru.
-          Gulingkan dadu untuk menentukan keputusan-keputusan yang tidak penting supaya kegiatan lebih tetap menarik.
-          Hilangkan diri dari rutinitas >> Tanpa peta Anda dapat menemukan tempat-tempat yang belum terpetakan. Bebaskan diri dari kontak yang sudah ada, berbincanglah dengan orang yang Anda temui dalam perjalanan. Matikan semua untuk mengeksplorasi tempat-tempat baru.
-          Bukalah diri >> Terhadap kemungkinan dipermalukan, diperolok, risiko, kejadian dan situasi asing, gagasan liar, hal yang membuat Anda ngeri, terhadap pemandangan-pemandangan asing dan bunyi-bunyi baru, percayalah kepada saya, akan manjadi pengalaman yang menyenangkan.
-          Ikuti kebalikannya >> Kerjakanlah berlawanan dengan apa yang diharapkan. Lakukan permbelaan terhadap yang bersalah, ragukan pandangan yang dianggap benar karena ada banyak sisi di setiap kisah dan semuanya perlu diungkapkan.
-          Ambillah libur harian >> Walaupun mungkin hanya beberapa menit, cobalah berjalan-jalan pada pagi hari ketika baru terbit. Pergilah ke tempat yang belum pernah Anda datangi, baca majalah di layanan mesin cuci umum, minum coklat di belakang rumah, dll. Jadi nikmati waktu luang Anda.
-          Jadilah seorang detektif >> Memperhatikan orang, mencuri dengar, mengintai, berkeliaran, mendengarkan, dll. Maka Anda akan menemukan kode-kode orang lain setiap hari dapat menjadi misi yang menarik.
-          Rasakan aroma di sekitar >> Buka mulut Anda namun jangan mengatakan apa pun, amati saja. Rasakan embun di pagi hari, bagaimana rasa dalam perjalanan Anda kerja? Apakah detergen seseorang mengingatkan Anda pada maa kanak-kanan? Mengapa semua bandara terkesan memiliki bau yang sama?
-          Otak-atik jadwal Anda >> Bangunlah sebelum alarm berbunyi. Gunakan waktu menunggu lampu lalu lintas untuk mengarang puisi. Cari sesuatu dengan jelas ketika biasanya Anda Cuma menyaksikan bayangannya. Bekerja pada malam hari dan bermain pada siang hari. Luangkan waktu cukup lama untuk mimpi-mimpi yang pernah Anda tangguhkan. Selalu ada waktu untuk mengeksplorasi, Anda harus memutuskan kapan waktunya.
-          Berlatih mencermati sesuatu >> Plakat yang sudah buram, serpihan, gembok rusak, foto yang tinggal separuh, ban kempes, goresan kecil, cangkir yang tumpah, jeda sewaktu nama yang Anda sayangi disebutkan. Tiap detail mengungkapkan sebuah kisah. Dan setiap ruangan menyimpan seribu detail. Carilah itu semua! Carilah kisah-kisah yang menarik!
-          Seperti anak-anak, bukan kekanak-kanakan >> Pandang dengan mata terbuka, ingat betapa memesona dunia ini sebelum Anda memupuk sikap sinis. Perhatikan hal-hal yang rapi. Hal-hal yang morat-marit. Hal-hal yang lucu. Makin sedikit sifat mudah tersinggung makin banyak sifat mudah terpesona.
-          Terus bertanya mengapa >> Orangtua tidak suka ketika anak-anak melakukannya. Mengapa? Karena
Mengapa? Karena
Mengapa? Karena
Begitu seterusnya… namun cobalah. Anda akan terkejut pada seberapa cepat sebuah mengapa? Yang sederhana dapat berubah menjadi sesuatu yang memesona.

#2 Bagikan yang Anda Temukan [bersikap dermawan ketika Anda melakukannya. Tidak setiap orang mengekplorasi bersama Anda. Biarlah seolah-olah ikut mengalami petualangan-petualangan Anda]
-          Padukan serbukkan >> Anda memiliki sesuatu, sebuah bakat yang menonjol, sebuah spesialisasi. Begitu pula setiap orang lain. Jangan hanya berhubungan dengan orang-orang yang berprofesi sama dengan Anda. Cari mereka yang  memiliki gairah berbeda. Anda akan bisa mengalami jauh lebih banyak.
-          Mulailah >> Jangan menunggu sampai besok. Katakan, kerjakan, atau buatlah sekarang. Pergilah ke tempat Anda harus pergi. Jangan hanya menunggu undangan, buatlah pesta sendiri. Jangan cuma mengunggu telepon, angkat dan bagikan apa yang Anda ketahui.
-          Tawarkan bantuan >> Apa yang Anda miliki sangat berharga. Carilah orang-orang yang memerlukannya. Ketahui bahwa Anda mampu mengerjakannya. Mereka akan mengehargai dan mengingat. Dunia memerlukan apa saja yang Anda miliki.
-          Jelaskan hal-hal yang sudah jelas >> Yang Anda ketahui sering kali misteri bagi orang lain, yang bagi Anda itu fakta lama mungkin menjadi pelajaran baru bagi orang lain. Pikirkan bahwa Anda memiliki banyak harta karun yang belum diketahui orang lain. Bagikanlah kepada mereka karena itu tidak akan berkurang tetapi justru malah bisa bertambah.
-          Jangan malu-malu >> Lambaikan tangan Anda dan menyapa, jangan berpaling. Taruhlah hasil kerja Anda di jendela, bukan di gudang. Percakapan dimulai dari langkah kecil untuk saling mendekati.
-          Lebih aktif mengundang, bukan sebaliknya >> Ajak orang lain untuk ke dunia Anda, biarkan mereka mencari hiburan. Jangan menunggu ada undangan kepada Anda, tetapi undanglah mereka.
-          Jadilah mata ranrai, bukan titik ujung >> jangan hanya menyuruh, mendengarkan, tetapi mulailah berkenalan. Jangan ragu bertemu dengan orang lain. Beritahukan yang Anda ketahui.
-          Beri ucapan selamat secara tulus >> Kata-kata ramah itu sangat berharga namun tanpa biaya. Pujilah orang yang sukses dalam cara-cara baru. Lakukan itu dii depan umum dan sering. Orang lain memerlukan dorongan lebih banyak.
-          Kembangkan kelompok >> Jangan pernah memasukkan keset “Selamat Datang.” Buatlah pintu tetap terbuka. Sediakan ruang untuk tamu-tamu kejutan yang nggak disangka datangnya. Boleh jadi mereka begitu menakjubkan, boleh jadi biasa saja.
-          Ulurkan tangan Anda >> jarak antara Anda dan orang lain Cuma 1 panggilan telepon, 1 kiriman surat, 1 kiriman pesan singkat, 1 kiriman e-mail, 1 sapaan “hai teman!” Semua orang yang Anda sayangi maupun yang tidak begitu mudah untuk dijangkau.
-          Berbincanglah >> Apakah yang sering diperbincangkan seseorang? Obrolan sederhana dapat membuat orang bersatu dan mengantar Anda ke topik-topik hyang lebih menarik. Maka bukalah percakapan setiap kali Anda dapat melakukannya.
-          Buatlah interpretasi Anda sendiri >> Anda melihat kemudian mengevaluasi, Anda membaca kemudian berpikir. Ini sifat alami manusia : kita menafsirkan sewaktu kita menyerapnya.

#3 Kerjakan Sesuatu. Apa Saja [berdansa, mengobrol, membuat sesuatu, bergabung dengan jaringan, membantu, mencipta, tidak peduli dengan apa yang Anda kerjakan. Duduk-duduk sambil mengeluh bukan sesuatu yang dapat diterima]
-          Pergilah keluar >> Kehidupan nyata selalu tiga dimensi dan memilliki ketajaman tinggi. Banyak kejadian diluar yang memesona. Di sanalah Anda akan menemukan apa yang sedang Anda cari.
-          Kerjakan yang (betul) Anda inginkan >> Jika tidak membangkitkan selera, jangan makan, jangan mendaftarkan diri. Jika memikirkannya sudah membuat Anda tertekan, jangan ambil, menekuni atau menyerahkan hidup Anda untuknya. Seandainya itu tidak penting bagi Anda : jangan mengerjakannya hanya karena itu penting nagi orang lain. Anda akan berterima kasih pada diri sendiri.
-          Pilih sesuatu >> Tidak yakin dengan apa yang dilakukan hari ini? Sejujurnya itu bukan masalah, karena rencana yang sudah terorganisir pun bisa hancur berantakan. Berpindah-pindah dari opsi satu ke opsi lain itu sangat dasyat untuk menunda hidup Anda. Percayalah kepada kata hati dan lakukan saja yang sudah Anda pilih.
-          Libatkan orang lain >> Anda hidup tidak bisa sendiri, perlu orang lain. Anda harus mengetakan kepada seseorang tentang apa yang Anda hadapi. Biarkan orang ikut merasakan. Mereka akan mendukung lebih dari apa yang Anda bayangkan dan menegur tidak seperti yang Anda takutkan.
-          Bergabunglah >> Yang kita kerjakan membentuk siapa kita. Jadilah seseorang yang pernah ada disana, mengerjakan hal itu dan ingin melakukan hal-hal baru di esok hari.
-          Dengan tulus nikmati diri sendiri >> Ironi bisa menghalangi pengalaman. Buang jauh kepura-puraan, maka Anda akan mempunyai ruang untuk menjalani hari Anda. Beri izin pada diri sendiri untuk menyenangkan diri.
-          Hargai jasa Anda sendiri >> Anda memiliki hak untuk mendapatkan peluang, bersenang-senang, bahagia, kemampuan dan rasa ingin tahu. Jadi bergabunglah! Selain ada ruang, Anda juga dibutuhkan disana.
-          Buang kebiasaan-kebiasaan buruk >> Tidak semua kegiatan itu berguna, tidak semua tugas harus dikerjalan. Hindari hal-hal yang menurunkan semangat dan melelahkan. Jika Anda harus melakukannya, kerjakan dengan senang hati lalu lupakan itu.
-          Lakukan keisengan yang bermanfaat >> Mulailah dengan rasa kagum. Apa yang membuat itu terjadi? Selidiki dengan menguraikan sesuatu kemudian merakit kembali. Perhatikan apa yang membuat sesuatu bekerja.
-          Cari pahlawan bagi Anda sendiri >> Carilah seseorang yang membuat Anda tersenyum, seseorang yang hidup dengan cara yang Anda inginkan, seseorang yang Anda kagumi, dan seseorang yang nyata dan tidak sempurna. Pelajari dari mereka ‘apa yang mereka kerjakan dengan baik’ dan ‘apa yang mereka kerjakan tidak begitu baik’
-          Pertahankan yang Anda sayangi >> Berjuanglah demi mereka dan jangan biarkan mereka menghilang dari pikiran Anda. Cinta yang diabaikan akan menjadi layu dan mati.

[ Dimas Andriyanto S., IM2 ]

0 komentar: