Minggu, 05 April 2015

Make It Happen (BAB 1-3)



Kategori          : Buku Non Fiksi, Finance
Judul               : Make It Happen (BAB 1-3)
Penulis             : Prita Ghozie
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Peresume         : Puspita (IM 1)



Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini, Ingin itu, Banyak sekali…..
Saya dan juga mungkin Anda pasti tahu lirik lagu di atas. Yap, betul lagu OST Doraemon yang sering kita dengar di layar kaca saat hari Minggu. Sebagaimana dengan apa yang ada di lirik lagu tersebut, saya (dan lagi-lagi) mungkin juga Anda jelas memiliki banyak keinginan. Sayang, dunia ini tak semudah meminta dan mengeluarkan apapun yang kita inginkan dari kantong Doraemon. Nah, buku ini mengajarkan kita untuk memperjuangkan mimpi, lebih tepatnya memperjuangkan mimpi dari sudut pandang ekonomi.
Buku ini mengupas dunia financial secara sederhana dan bahasa merakyat. Misal dimulai dengan pertanyaan, sebenarnya untuk apakah kita bekerja? Bagaimana kita memandang uang? Seperti apa komunikasi penagturan uang dalam keluarga dll.
Di sini diajarkan bahwa, kaya itu tidak berbanding lurus dengan gaji. Banyak orang yang memiliki gaji tinggi, tapi tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, akhirnya penghasilannya amblas untuk keperluan yang tidak jelas untuk apa.
Ada 8 indikator sehat financial:
1.      Punya dana darurat setidaknya 3x pengeluaran per bulan.
2.      Mampu mengelola utang
3.      Punya rumah tinggal
4.      Punya dana pendidikan
5.      Punya tabungan hari tua
6.      Mampu mengendalikan gaya hidup
7.      Punya asuransu
8.      Tahu portofolio keuangan keluarga
Nah, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum merencanakan keuangan adalah mengecek kesehatan keuangan kita. Coba meluangkan waktu dan buat suasana serileks mungkin untuk menghitung asset kita. Hitung asset juga penting loh, ini menyangkut dengan pembayaran zakat yang harus kita serahkan setiap tahunnya.
Dalam buku ini, diberikan contoh table kekayaan bersih. Mulai dari asset kas, asset investasi lancar, asset investasi tidak lancar, asset konsumsi dan kewajiban yang harus dibayar. Dari table tersebut kita bisa menghitung Net Worth, sehingga bisa diketahui sebenarnya neraca keuangan kita defisit atau tidak. Selain itu ada juga table arus bulanan dan tahunan. Dari situ kita bisa menghitung skor kesehatan keuangan kita seperti apa.
Saran Prita, dalam membelanjakan gaji ada 5 bagian yang harus diisi:
a.       Zakat
b.      Asuransi
c.       Present Consumption
d.      Future Spending
e.       Investment
Bab 3 dari buku ini membahas mengenai perencanaan keuangan. Kita diminta memotret mimpi. Jadi kita me-list mimpi apa yang akan dicapai, butuh biaya berapa dan rencananya akan diwujudkan dalam tempo berapa lama. Dari data tersebut kemudian dibuat analisa, sebaiknya kita menggunakan “alat” apa untuk mewujudkan dan berbagai macam strategi juga konsekuensi. Ada banyak pilihan produk keuangan yang bisa dipakai. Namun produk keuangan tersebut dibahas di BAB IV, jadi saya belum bisa memceritakan dengan detail. Sekian resume dari saya. Selamat merencanakan masa depan!!!

0 komentar: