Minggu, 05 April 2015

Perang-perang Paling Berpengaruh di Dunia

Judul Buku          : Perang-perang Paling Berpengaruh di Dunia
Penulis                : Akhmad Iqbal
Penerbit               : JB Publisher
Cetakan               : I
Tahun                  : 2010
Tebal                   : 184



“Damai bukan berarti tidak siap untuk berperang”. Bagi Negara-negara kaya yang kuat ekonominya, rasanya jika tidak ada perang, seolah-olah kehidupan di dunia kurang dinamis dan ekonomi akan mengalami kebuntuan. Kebanyakan perang diciptakan karena adanya motif ekonomi di balik itu semua.
Penulis dalam buku ini, menjelaskan 14 perang yang sangat berpengaruh di dunia. Perang pertama yang diceritakan adalah ekspansi mongol yang terjadi pada pertengahan abad ke-13. Ekspansi Mongol ini merupakan sejarah yang tidak bias dilupakan oleh bangsa Mongol. Mongolia yang dianggap sebelah mata oleh tetangganya, China merasa sakit hati dan mencoba untuk menyerang China dengan memperkokoh tentaranya. Setelah berhasil mengalahkan China, mereka lalu menyebarluaskan ekspansinya hingga ke Eropa. Ekspansi Mongol ini melahirkan seorang tokoh yang saat ini menjadi Pahlawan bagi Negara Mongolia yaitu jengis Khan. Pengaruhnya sangat luar biasa dalam ekspansi Mongol hingga ditakuti oleh Negara-negara lainnya.
Perang kedua adalah penaklukan konstantinopel. Sultan mehmed II atau yang lebih dikenal dengan Muhammad Al faith merupakan tokoh utama dalam penaklukan ini. Penaklukan yang terjadi pada abad ke-15 menghasilkan kisah yang sangat menarik dimana Sultan Mehmed II sempat putus asa untuk menaklukan kota ini. Dengan kerja keras dan dengan tentaranya yang gigih Konstatinopel akhirnya jatuh dan berhasil ditaklukan oleh tentara Islam tepat pada tanggal 29 Mei 1453 M. Nama Konstantinopel pun akhirnya berubah menjadi Islam Bol/Islambul yang berarti kota Islam.
Perang yang ketiga adalah penaklukan Macedonia dengan tokoh utamanya adalah Alexander yang Agung yang terjadi padatahun 356 SM. Penaklukan yang dilakukan oleh beliau tidak hanya Macedonia bahkan sampai ke India. Akan tetapi, dalam perjalanan pulang ke Macedonia, dia Meninggal dan setelah itu kerajannya hancur dikarenakan tidak ada penggantinya. Peniggalan yang masih ada hingga saat ini salah satunya adalah kota Alexandria di Mesir.
Perang kelima adalah perang Napoleon dengan tokoh utamanya adalah Napoleon Bonaparte yang terjadi pada tahun 1799-1815. Dalam kurun waktu tersebut, Napoleon berhasil menguasai sebagian besar Eropa dan kemudian hilang begitu saja diakibatkan kesalahannya sendiri.
Perang keenam adalah perang Badar. Perang badar merupakan perang yang selalu diingat oleh umat Islam karena berhasil mengalahkan kaum kafir Quraisy yang super power dengan hanya tentara Islam yang berjumlah 300 orang. Tentunya perang ini di bantu oleh Allah sehingga umat Islam berhasil memperoleh kemenangan.
Perng yang tidak kalah serunya adalah perang salib. Perang ini bisa dibilang perang memperebutkan kota Yerussalem antara umat Nashrani dengan Umat Islam. Dalam buku ini diceritakan bahwa perang salib terjadi 9 kali pada tahun 1095-1291. Perang ini menghasilkan pahlawan di kedua belah pihak yaitu Shalahuddin Al Ayyubi dan Richard “The Lion Heart”.
Masih ada 7 perang lagi yang tidak kalah serunya yang ada dalam buku ini. Yaitu seperti perang Korea yang melibatkan Negara Korea Utara + Komunis melawan Korea Selatan + Sekutu, Perang Malvinas yang melibatkan Inggris melawan Argentina, perang Vietnam yang melibatkan Negara Vietnam Selatan + AS melawan Vietnam Utara dimana Vietnam Utara berhasil memenangi peperangan. Lalu ada Perang Dunia I dan II yang Melibatkan Negara Jerman + Italia + Jepang + Austria-Hungaria melawan Pihak sekutu ( AS, Inggris, Perancis, Uni soviet) dimana sekutu berhasil memenangi 2 peperangan ini yang menjadi peperangan yan paling banyak menelan korban jiwa dalam sejarah perang Dunia. Ada lagi perang kemerdekaan Indonesia yang melawan Belanda pasca kemerdekaan Negara Indonesia. Yang terakhir adalah perang timur Tengah yang dibagi 2 yaitu perang Arab-israel, perang antara Negara Arab yang dimotori Mesir melawan Israel yang berhasil memenangi perang dan Perang Teluk  yang melibatkan  Negara Irak melawan Iran yang selanjutnya selain melawan iran juga melawan Kuwait dan Ekspansi AS.
Perang-perang yang terjadi di dunia ini haruslah menjadi pelajaran bagi umat manusia pada saat ini. Perang yang terjadi juga tidak hanya mewarnai sejarah dunia ini, akan tetapi juga dapat mengubah tatanan dunia hingga peradaban mausia.

0 komentar: