Rabu, 15 April 2015

Self Driving



Judul buku                  : Self Driving
Penulis                        : Rhenald Kasali
Penerbit                       : Mizan
Jenis buku                   : Manajemen/populer
Tahun terbit                 : 2014
Tebal buku                   : 270hal



Menjadi 'Driver' adalah keinginan semua orang namun tak semua orang tahu apa yang harus ia lakukan untuk menjadi seorang driver. Bahkan nyaman dengan dengan kondisi saat ini, atau lebih dikenal dengan 'comfort zone'.

Dalam buku ini, dibahas tuntas, bagaimana men-drive diri menjadi seorang driver tangguh, melatih diri, walaupun pada awalnya adalah seorang passenger. Intinya ketika ingin berubah, maka dibuku ini telah dibahas secara detail. Dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini bisa dicerna dengan baik.

Buku ini terdiri atas 13 bab, yang tiap babnya menarik untuk dibaca.
Pada bab 1, Ini Soal Mandataris Kehidupan.
Menjelaskan bahwa awal kehidupan kita, saat lahir Allah telah beri mandat dan dipegang oleh orang tua kita. Setelah kita besar/dewasa, mandat ini sudah ditangan kita sendiri. Kitalah yang me-manage diri kita akan jadi seperti apa. Sehingga ketergantungan dari orang tua sudah tidak lagi. Dan kita belajar hidup dalam dunia baru dan harus terlepas dari comfort zone.

Bab 2 Manusia Berpikir
Ternyata sekian banyak orang didunia ini, hanya ada 2% orang yang berfikir, 3% yang berfikir bahwa mereka telah berfikir dan 95% lainnya memilih lebih baik mati ketimbang harus berfikir atau yang terperangkap dalam mentalitas sebagai seorang 'passenger'.
Karena sebuah perubahan menuntut kita untuk selalu berfikir dan hanya orang yang mampu men-drive diri sendiri yang mampu melakukan perubahan. Kemudian dapat men-drive orang lain, organisasi dan selanjutnya sebuah negara. In sya Allah

Dibagian 3, Mengapa kaum muda memilih universitas.
Bagian ini cukup menarik juga, karena hal pertama yang disajikan oleh penulis adalah "Sekolah untuk apa ?

Dibagian 6 Self Disciplin.
Bagian ini mengajak kita untuk lebih paham detail terkait 'driver'. Ada 3 jenis disiplin yaitu: 1. Disiplin karena orang lain, 2. Disiplin dari diri sendiri, 3. Indisiplin (tidak disiplin).
Selain itu untuk disiplin juga, kita harus bisa mengontrol diri sendiri dan harus membayar semua biaya dengan kerja keras serta mengembangkan 'inner power' atau kekuatan dari dalam yang tanpa kita sadari ternyata sangat besar dan berpengaruh pada diri kita.
Untuk memulainya yaitu mulai dari saat ini, bukan besok, nanti atau bila tiba saatnya. Mulai dari hal yang kecil juga dan mulai dengan energimu sendiri walaupun penuh dengan keterbatasan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melatih self discipline untuk menjadi seorang driver:
1. Tetapkan sasaran/goal
Buat semenarik mungkin karena yang lakukan adalah kita sendiri sehingganya harus ada ketertarikan dari awal dalam menuju goal tersebut
2. Pelajari aturan-aturannya
Jangan memaksakan kehendak diri sendiri dan patuhi peraturan yang ada serta ulangi secara elegan
3. Buang perilaku buruk
Harus mengenal dan mendeteksi kebiasaan buruk dan dibuang segera. Seperti sering terlambat dalam posting resume 🙈. So, segera dibayar
4. Jadilah manusia bertanggung jawab
5. Manajemen 'deadline'
Orang-orang yang disiplin harus dapat mengelola dengan baik deadline atau batas waktu yang tidak dapat ditoleransi.
6. Jadikanlah gaya hidup
Jadikan disiplin diri sebagai gaya hidup dan jangan biarkan hal-hal berikut ini dalam hidup kita: 1) Membuat alasan, 2) Menunda-nunda pekerjaan, & 3) Bekerja tanpa prioritas
7. Manajemen 3D: Do it, Delegate it, or Dump it.

Bersambung..


~Winda, IM1

0 komentar: