Rabu, 15 April 2015

FOR ONE MORE DAY (SATU HARI BERSAMAMU)

BUKU                     : FOR ONE MORE DAY (SATU HARI BERSAMAMU)
PENERBIT             : PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
PENULIS                : MITCH ALBOM
GENRE                   : DRAMA
HALAMAN            : 248 HALAMAN




Buku ini saya beli di Gramedia Pasar Baru, saya tertarik dengan sampul bukunya yang simpel dan unik, makin tertarik ketika baca sinopsisnya. Awalnya buku ini membosankan buat saya, karena saya sukanya dengan yang serial kriminal atau superhero sedangkan buku ini full dengan drama, tapi entah kenapa ada yang berbeda dengan buku karangan Mitch Albom ini, benar saja ternyata buku ini membuat saya duduk diam sampai saya bawa ke toilet untuk membacanya hehe *peace*
For one more day bercerita tentang kisah seorang ibu dengan anak laki-lakinya, dan ada pertanyaan menarik dari buku ini : “Apa yang akan kaulakukan seandainya kau diberi satu hari lagi bersama orang yang kausayangi, yang telah tiada?” Jujur saja, saya pun juga gak tahu kalau dikasih kesempatan itu akan berbuat apa.
Kisah anak laki-laki ini bernama Charley Benetto atau biasa dipanggil Chick, ketika masih kecil, Chick diminta untuk memilih menjadi anak siapa, anak mama atau anak papa? Dan tidak bisa menjadi anak keduanya, karena Chick berpikir papanya itu seseorang yang keren, Chick memilih untuk menjadi anak papa dan memuja papanya, tetapi sang ayah malah pergi begitu saja sehingga Chick dan adik perempuannya dibesarkan oleh ibunya.
Pada suatu hari, ketika Chick sedang berkumpul bersama ibunya yang sakit serta anak dan istrinya. Chick dapat telepon dari sang ayah, Chick pergi begitu saja meninggalkan ibunya untuk bertemu ayahnya dengan alasan ada pekerjaan kantor, disaat itulah terakhir Chick bertemu ibunya. Setelah pemakaman ibunya, Chick terus merasa bersalah dan minum-minuman keras berharap rasa bersalahnya akan hilang, akan tetapi justru semua itu menimbulkan masalah-masalah baru sampai akhirnya Chick ditinggal istri dan anak perempuannya.
Suatu malam, Chick marah karena tidak diundang ke pesta pernikahan anaknya sendiri, Chick mabuk-mabukan dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Tepat saat itulah dalam keadaan sekarat di mobilnya yang hancur karena kecelakaan, Chick melihat ibunya, sedang menunggunya di rumah dan memaafkan semua kesalahan Chick. Satu hari, hanya dalam satu hari  Chick menghabiskan waktu berdua dengan ibunya, menemani ibunya berkeliling desa untuk bekerja, tertawa dengan ibunya dan Chick akhirnya tersadar bahwa dia hanya tahu sedikit tentang ibunya, akhirnya banyak rahasia-rahasia masa lalu yang terungkap.
Buku ini pun sukses membuat saya nangis berhari-hari, saya mengulang-ulang buku ini dan meminjamkan ke semua teman saya yang suka membaca dan sukses pula membuat mereka menangis. Dalam buku ini banyak sekali bagian seperti : “saat-saat ibu membelaku” atau “saat-saat aku tidak membela ibu”. Buku ini pun membuat saya mengingat ibu saya sendiri dan memutar ulang apa yang saya telah lakukan kepada mama dan apa yang mama telah lakukan kepada saya.
Karena suksesnya buku ini pun, oleh Oprah Winfrey dijadikan FTV di stasiun TV ABC dan akhirnya saya jadi beli banyak buku karangan Mitch Albom. Buku ini banyak mengajarkan tentang kehidupan dan mengingatkan bahwa kasih sayang yang abadi itu datangnya dari Ibu, selalu dari Ibu.

0 komentar: