Rabu, 15 Februari 2017

Majors for the Future

Salah satu buku non-fiksi yang sangat bagus. Tentang jurusan yang sangat mempengaruhi masa depan. Tepatnya di abad-21 mendatang. Beberapa kacamata negatif menyatakan jurusan pertanian maupun perikanan sangat tidak diminati. Dibuktikan dengan survey yang diadakan oleh jurusanku.com. mayoritas di sana tidak berminat di kategori tersebut. Alasan faktual seperti tidak trend. Dan alasan krusial lainnya. Justru peminat manajemen sangat membludak. 
Bagi penulis justru karier yang berhubungan dengan perhotelan, gudang, dan pengolah data akan digantikan oleh automatic mesin. Teknologi yang akan membuat pekerjaan manusia semakin relatif mudah dan efisien. Seperti perusahaan Amazon.com. Kini sudah tidak menggunakan tenaga pekerja. Diganti oleh ratusan robot yang bekerja. Bayangkan tiap hari Amazon menerima ratusan ribu order-an. Tidak bisa dipungkiri, jika manusia yang mengerjakan akan kesulitan mencari barang dalam waktu yang bersamaan. Di samping itu robot tidak akan mudah lelah. Juga tidak akan mengeluh masalah upah (gaji). Walaupun bekerja secara terus menerus. 
Buku ini juga membahas tentang Pendidikan di Indonesia memerlukan pendidik yang berkualitas. Namun, lagi-lagi ironis. Menurut survey yang dilakukan oleh Jurusanku.com. dari 12 ribuan siswa hanya segelintir yang berminat pada jurusan pendidikan dan keguruan. 
Bagaimana dengan nasib Indonesia kedepannya? Perlahan tapi pasti, beberapa perusahaan yang merasa tidak memiliki saingan justru kalah oleh program kreativitas yang dihasilkan oleh perpaduan manusia dan sistem. Contohnya: Perusahaan transportasi blue bird dikalahkan oleh sistem ojek online. Kemudian terjadi masalah pemukulan tukang ojek. Di sini ketidak-siapan mereka. 
Lantas bagaimana dengan kuda dan kereta yang sudah digabtijan oleh perusahaan lokomotif? Menurut pengamatan si penulis bersama rekan tim analisis data. Ada 3 yang tidak akan merosot secara cepat. Yaitu creativity, social intelligence & perception and manipulation podiatry.
Kesimpulannya. Apa pun jurusan yang dipilih usahakan yang memiliki prospek kerja dalam jangka panjang. Karena tak cukup bekerja dengan passion. Dibutuhkan konsisten. Juga syarat kita sudah dirasa paham dengan pekerjaan adalah bekerja 10 ribu jam atau sekitar 4 tahun. Berhenti dari tempat kerja, menjadi kutu loncat yang sering gonta-ganti perusahaan. Hanya karena merasa kehilangan passion. Justru minat tinggi ini letak untuk menguji mental. Dengan latihan dan selalu mencoba. 
Saya mengutip pesan singkat yang sangat bagus, "Semakin terampil, semakin aman dari automasi." (Halaman 153)

Judul                            : Major for The Future
Penulis                         : Ina Liem
Editor                           : Adinto F. Susanto
Penerbit                       : Penerbit PT. Grasindo
Tahun Terbit                : Pertama, Juli 2016
Jumlah Halaman          : 200 halaman
ISBN                          :  978-602-375-598-1
Peresume                   : Baiq Cynthia


0 komentar: