Senin, 27 Februari 2017

Misteri-Misteri Terbesar Bangsa Indonesia

Apa yang terbayang dipikiran teman2 ketika mendengar judul buku tersebut? Nuansa Mistis? Klenik? Hantu? Atau apa?

Buku yang ditulis oleh Haris Firdaus ini pada intinya ingin menyibak dua sisi kekayaan alam bangsa Indonesia, sisi mistis/cerita rakyat dan sisi ilmiah.

Wilayah Indonesia yang terdiri atas beragam topografi mulai dari tingginya Puncak di Papua hingga dalamnya laut di Palung Sulawesi menyimpan banyak cerita rakyat yang dikemas dalam berbagai keberadaan kekuatan supranatural. Kebanyakan masyarakat Indonesia percaya bahwa ada kekuatan besar yg mengendalikan jagat ini terutama di lingkungan gunungapi misalnya, laut dan tempat tempat tak terjamah lainnya.

Buku ini mencoba menghadirkan pula pandangan ilmuwan atas tempat tempat tak terjamah itu tadi. Dan ternyata kebanyakan tempat mistis ala orang Indonesia itu ada di Gunungapi. 7 bab dari 14 bab buku ini membahas Gunungapi.

Dari ujung barat ditemui Gunungapi Purba Toba dgn cerita ikan dan petaninya. Makin kesini memasuki pulau Jawa ada cerita Krakatau, Dieng, Tambora hingga Kelimutu.

Saya senang dgn buku ini krn menghadirkan dua pendekatan yang berbeda. Saya jadi tahu cara pandang masyarakat thd alam. Boleh jadi ilmuwan/pemerintah menghendaki masyarakat tidak membuang sampah di sungai supaya dpt mencegah banjir misalnya, dan instruksi tsb tidak bekerja. Namun ketika didekati dgn local wisdom yang berbau supranatural, "jangan buang sampah disini, nanti Simbah marah dan malapetaka akan hadir", maka cara ini lebih bekerja. Mereka percaya hal tersebut.

Yap, itulah karakteristik sebagian masyarakat nusantara. Tak bisa dipungkiri baru pada level tersebut cara berpikir mereka. Saat ini saya jg sdg membaca History of Java karya Raffles. Semoga ada tambahan pengetahuan mengenai tempat kita tinggal, Indonesia.


Semoga bermanfaat.

Judul Buku : Misteri-Misteri Terbesar Bangsa Indonesia
Penerbit : Buku Katta

0 komentar: