Senin, 27 Februari 2017

Jangan Shalat Bersama Setan

Menghadapi Bisikan Setan
            Fenomena ini sangat menyedihkan namun tak jarang terjadi, dimana ketika shalat, pikiran justru melayang-layang ke tempat yang lain. Banyak yang mengeluhkan ketika shalat, mereka justru kehilangan konsentrasi, misalnya mengganti bacaan rukuk dengan sujud, melupakan jumlah rakaat dan lain-lain. Inilah akibat dari bisikan dan godaan setan yang menggerogoti bahkan ketika shalat sekalipun. Untuk mengobati penyakit ini, perlu dideteksi dan diteliti mendetail kemudian memohon perlindungàn kepada Allah karena sesungguhnya Dialah yang maha membolak-balikkan hati manusia.
            Sucikan niat kita untuk melaksanakan shalat semata-mata karena Allah. Bersihkan hati kita dari memikirkan hal lain selain Allah SWT. Memang seringkali permasalahan hidup yang kita alami cukup berat sehinggà kità terus saja mengingatnya. Bahkan terkadang ada masalah yang diluar shalat kita tidak lagi mengingatnya, justru ketika shalat kita menemukan pemecahannya.
            Ketika ingin menggoda manusia, setan tidak beraksi di klub malam atau tempat maksiat lainnya melainkan pada manusia yang mengerjakan amal terbaiknya dan shalat memiliki kedudukan yang sedemikian mulia sehingga setan pun ingin merusaknya. Terkadang kita pun ikut membantu setan untuk merusak shalat kita yaitu ketika setan mengingatkan tentang suatu masalah, akal kita langsung menyambutnya.
            Allah adalah pencipta kita semua, termasuk setan. Setan tidak akan mampu menyesatkan kita jika kita dalam lindungan Allah SWT. Maka mohonlah lindungannya (isti'adzah). Ada dua hal yang dapat menolong kita melawan dorongan pikiran:
1. Pahami bahwa kita shalat di hadapan Allah sedangkan pikiran-pikiran yang dilemparkan oleh setan hanya bersifat semu, duniawi dan fatamorgana.
2. Setan adalah pencuri yang menyambar shalat, yakni ketika ketika kita lengah. Maka jangan menoleh dalam shalat. Jangan berpaling ketika sedang mendirikannya.
"Maka kecelakaannya orang yang shalat, yaitu orang yang lalai dari shalatnya" (Al-Maun 4-5)
            Mengikis habis penyakit ini memang tidaklah mudah, ia memerlulan upaya besar dan  terus menerus. Ada 2 aspek yang begitu berpengaruh untuk menghalau bisikan ini:
1. bergantung pada keimananan, mahabbah dan sikap mengangungkan Allah yang kita miliki
2. tidak menyibukkan hati dan diri dengan tuntutan dunia dan perhiasannya.

            Kita harus bersabar untuk terus melawan godaan setan, mereka tidak akan berhenti maka kita pun harus lebih kuat agar dapat melawan mereka. Sucikan niat karena Allah semata, pahami makna Alquran dan asma Allah, sibukkan diri kepada-Nya bukan kepada duniawi, mohon perlindungan-Nya. "Dan jika setan menggangumu dengan sesuatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Fushilat:36)

Judul    : Jangan Shalat Bersama Setan
Penulis  : Syaikh Mu'min Al-Haddad
Penerbit : Aqwam

0 komentar: