Selasa, 28 Februari 2017

The Secret Friend

Baru kali ini saya membaca novel Thriller Fiction, sebenarnya ini buku lama yang tertumpuk di bawah buku-buku lainnya. Ehehehe. Sejak awal, penulis sudah menyuguhkan ketegangan dengan ditemukannya mayat di  dermaga Boston yang sebelumnya juga pernah ditemukan mayat di sana dengan ciri-ciri yang sama.

Darby McCormick, seorang detektif perempuan anggota CSI ditugaskan untuk memimpin penyelidikan kasus pembunuhan ini. Di novel ini meski alurnya laju tapi tak pernah lepas dari ketegangan. Buku yang ditulis oleh seorang penulis novel terlaris “The Missing” yaitu Chris Mooney. Penulis sudah mengenalkan pelakunya yaitu Walter Smith di awal. Meski begitu, ceritanya mampu membuat saya penasaran.

Kasus yang ditangani Derby kali ini menjadi sorotan public dikarenakan korbannya adalah anak gadis dari seorang konglomerat Boston yaitu  Jonathan Hale. Darby sangat kesulitan dalam memecahkan kasus kali ini, karena korbannya sudah terapung-apung di dermaga  beberapa hari yang lalu sehingga menghilangkan semua bukti di air. Hal serupa juga terjadi pada korban sebelumnya yang hingga kini Darby belum tahu siapa pelakunya.

Ada beberapa ciri fisik korban yang ditemukan sama di jasad para gadis ini, yaitu bagian kepalanya bocor, terdapat gaun di tas mereka dan di saku terdapat patung perawan maria, serta tanda baptis di dahi keduanya. Hanya itu yang ditinggalkan pelaku, semua bukti sidik jari, tes-tes urin dll hilang karena jasad yang sudah rusak akibat lumutan di air atau di makan ikan.

Awalnya ini adalah kasus penculikan yang berujung pembunuhan, korbannya selalu perempuan dan seorang  mahasiswi. Kenapa pelaku selalu memberikan gaun dan menyelipkan patung perawan maria di setiap kantong mereka? Darby sangat kesulitan mencari tahu siapa pelakunya. Pasalnya, patung perawan maria dan gaun yang mereka bawa itu berasal dari pabrik pabrik yang sudah ditutup sejak lama dan tidak beroperasi lagi.

Belum selesai kasus penculikan pembunuhan ini selesai. Darby dikagetkan dengan kasus penculikan lagi, kali ini pelaku kembali menculik seorang mahasiswi bernama Hannah Givens, apakah kasus ini sama? bagaimana mungkin tidak ada masyarakat yang menjadi saksi mata? Apa mungkin  pelaku menyamar menjadi temannya? Dan kenapa korbannya selalu perempuan? Semua pertanyaan itu menumpuk di kepala Darby.

Bukan hanya menjadi sorotan public, Malcolm Fletcher seorang mantan agen FBI yang menjadi buronan kini juga tertarik akan kasus ini. Malah Malcolm sedang memburu si pelaku. Darby merasa was-was karena harus berpacu dengan Malcolm untuk menemukan si pembunuh. Tapi, Malcolm selalu menunjukkan bukti-bukti tentang si pelaku kepada Darby, memberitahu bagaimana pelaku mendapatkan patung perawan maria dan baju-baju gaun tersebut bisa didapatkan pelaku. Darby tidak tahu motif apa dan kenapa Malcolm menunjukkan semua itu kepada dirinya? Padahal mereka juga sedang bersaing mencari si pelaku, yang sebenarnya Malcolm sudah mengetahui bahwa Walter Smithlah pelakunya.

Walter Smith seorang pemuda dengan wajah dan tubuh di penuhi oleh luka-luka bakar, walter mengalami penyakit jiwa schizophrenia. Schizophrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan walter mengalami delusi, halusinasi, dan pikiran kacau. Walter sulit sekali membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri, ada alasan kenapa smith selalu meletakkan patung maria di sana. Agar korbannya bisa selalu bersama dengan ibunya. Ia menyangka bahwa bisikan-bisikan yang ia dengar berasal dari maria ibu angkatnya, padahal itu adalah pikirannya sendiri.

Di novel ini dijelaskan bagaimana walter menculik mereka dengan menyamar menjadi teman. Dan bagaimana kelakuan walter terhadap korban-korbannya selama mereka di sekap. Alasan kenapa korbannya selalu perempuan adalah karena walter ingin menikah, dan maria selalu membisik bisikan walter untuk menculik mereka, dan merawat mereka. Sayang wanita yang diculik sebelumnya tidak menyukai walter dengan perintah maria, walter membunuh mereka dan memperkosa mereka sebelum akhirnya ditembak dan direndam dalam air. Mengerikan, dan  kali ini maria menyuruhnya untuk menikah dengan Hannah.

Bagaimana kelanjutan kasus ini? Apakah Darby dapat menemukan walter smith?  Bagaimana petualangannya di rumah sakit jiwa yang usang? Apakah Hannah givens dapat lolos atau menjadi korban selanjutnya? Dan siapa yang harus dipercaya darby? Apakah temannya yang telah menyembunyikan barang bukti? Atau Malcolm yang seorang buronan FBI? Semua akan terjawab jika anda menmbaca bukunya.. eheheh. Sekian.

Judul                : The Secret Friend
Penulis             : Chris Mooney
Penerbit           : Dastan Books
Tebal               : 356 Halaman
Cetakan           : kelima

Peresume         : Nur Arfah

0 komentar: