Minggu, 14 Mei 2017

8 Cara Membuat Keluarga Anda Ketagihan Membaca Alqur'an



8 Cara Membuat Keluarga Anda Ketagihan Membaca Alqur'an

Buku ini merupakan buku saku seri motivasi menghafal Alqur'an yang di tulis langsung oleh Ust. Boby Herwibowo yang mengembang teknik menghafal Alqur'an semudah tersenyum, mendirikan Yayasan Askar Kauny dan menginisiasi gerakan Hafidz On The Street. Isi buku ini sangat inspiratif untuk dipelajari dan diamalkan. Hal terpenting yang harus diupayakan pertama kali adalah.


Satukan Cita-Cita
Jangan pernah beranggapan bahwa kita tidak berbakat. Tidak ada garis keturunan penghafal qur'an. Bukan takdir keluarga kita untuk jadi orang sholeh. Hilangkan pikiran seperti itu. Katakan dalam hati penuh kesungguhan bahwa kita ingin menjadikan keluarga kita penghafal qur'an.

"Allahumma ya Allah, jadikan diriku, keluargaku, dan anak keturunanku sebagai penghafal Alqur'an..."
Rasakan sensasi ucapan itu. Nikmati kehangatannya dalam jiwa.  Jika belum berhasil dirasakan, maka ulangilah lagi.

"Ana inda zhonni abdi bii wa ana maahu hiina dzakarani."
(Aku tergantung prasangka hambaKu dan Aku membersamainya saat ia mengingatKu).
Maka ucapkanlah kalimat harapan itu berulang-ulang. Lakukan sesering mungkin tanpa bosan. Selain mengajak diri kita untuk memantaskan kelas, kalimat itu pun akan mendatangkan energi . pertolongan Allah untuk diri kita dalam mewujudkan cita-cita.

Penghafal qur'an: Ahlul qur'an: Keluarga Allah. Mereka itu yang hidupnya bersama Alqur'an. Menghafalnya, membacanya, menjaga & menegakkan hukumnya. Mereka itulah orang-orang khusus, very-very important person (VVIP). Sekarang bayangkan jika keluarga Allah adalah semua orang yang ada di rumah kita.
*hmm.. Indahnya..^^

Bahkan penghafal qur'an pun mendapatkan mahkota dan jubah dari cahaya. Seperti halnya wisuda. Banyak orang tua yang bangga saat melihat anaknya wisuda sarjana. Sang anak pun melangkah dengan wajah penuh senyum. Memakai pakaian kebesaran dan toga di kepala sebagai tanda bahwa kini ia telah menjadi sarjana. Sang anak merasa bangga. Orang tua yang hadir pun merasa bangga dan bahagia. Tak sedikit orang tua yang meneteskan air mata pada momen wisuda. Ketahuilah, bahwa toga itu belum seberapa dibanding mahkota cahaya di hari kiamat. Mahkota cahaya itu akan membuatmu menangis haru, sebab itu adalah pertanda wisuda dari Allah. Sang Maha Pencipta.
Yang bahkan mahkota tersebut bukan hanya untuk kita. Melainkan disematkan untuk kedua orang tua kita.

"Siapa yang membaca 1huruf dari Alqur'an lalu menganalkannya, kedua orang tuanya akan disematkan mahkota di hari kiamat. Mahkota itu bersinar lebih indah dari cahaya mentari dunia ini". (HR. Ahmad)
Dan langkah selanjutnya adalah Ciptakan Suasana Qur'ani di Rumah. Biasakan membaca dan menghafal Alqur'an di rumah bersama keluarga. Dengan suara lantang tanpa ragu. Suara lantang akan melenyapkan keraguan dan memantapkan Alqur'an dalam diri kita. Rumah yang sering terdengar di dalamnya bacaan Alqur'an akan mendatangkan cahaya Ilahi. Rumah bertambah berkah, penghuninya semakin harmonis, rezeki pun akan berlimpah serta kebahagiaan tidak akan pupus. Sebab Allah begitu perhatian dengan rumah yang di dalamnya dibacakan Alqur'an.

Tilawah dan menghafal Alqur'an di rumah pun akan membuat setan kabur dari rumah kita dan tidak pernah berani mendekat. "Janganlah jadikan rumah-rumah kalian kuburan, sesungguhnya setan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-baqarah". (HR. Muslim)

Yuk Akrabkan Diri Bersama AlQur'an. Alqur'an bisa amat mudah dihafal, bahkan tidak usah dihafal pun akan mudah. Caranya;
Akrabkan diri dengan Alqur'an.
Tingkatkan frekuensi pertemuan kita dengan Alqur'an, maka Alqur'an akan semakin akrab dengan kita.
Gunakan Waktu Bening.
Waktu bening adalah waktu dimana otak masih fresh, hati masih jernih, kesibukan duniawi belum banyak. Sehingga bisa optimal menerima firman Allah Ta'ala.
3 waktu bening dalam hari-hari kita: bada subuh, bada magrib dan menjelang tidur. Selain itu ada pula cara pasif. Melalui mendengarkan ayat qur'an yang diulang, saling menerima setoran hafalan, dan dimana pun bersama Alqur'an. Gunakan Cara yang Menyenangkan. Mulai dari yang paling mudah, tebak ayat dan makna, serta gunakan sistem hadiah.

"Seseorang yang tidak ada Alqur'an dalam dirinya maka seperti rumah usang tua yang rusak". (HR. Tirmidzi)

Semoga Allah jadikan kita Ahlul Qur'an. Sukses n bahagia dunia akhirat.
Aamiin...

Buku                  : 8 Cara Membuat Keluarga Ketagihan Menghafal Alqur'an.
Penulis               : Ust. Bobby Herwibowo, Lc.
Jumlah hal          : 54

 Amrina Anggrarini

0 komentar: