Selasa, 23 Mei 2017

UK TRIP (London-Manchester-Leeds-York-Edinburgh-Glasgow-Stirling)






Kira-kira gimana perasaanmu kalo tiba-tiba ditawarin ke Inggris gratis? Pasti bersyukur banget, Inggris gitu lho negara maju yang super keren bin elite sekaligus mahal. Buku ini menceritakan tentang pengalaman penulis, Matatita yang ditawari sahabatnya untuk menggantikan salah satu peserta yang menang undian nonton Manchester United tanding langsung di kota Manchester. Matatita yang bukan nama sebenarnya ini salah seorang traveler yang aktif di komunitas Backpacker yang hits banget di facebook dan sudah menelurkan beberapa buku yang lumayan sering saya temukan di toko buku besar untuk bidang traveling, selain penulis lain yang lebih dulu hits Trinity dengan naked traveler series nya.

Sebenarnya Matatita tidak benar-benar gratis kesana, karena dari perusahaan sahabatnya hanya memberikan akomodasi gratis sesuai itinerary untuk pemenang undian tersebut, which is cuma dua hari dua malam di London trus pulang lagi. Jadi kalo dihitung-hitung ia bisa hemat penginapan, transportasi dan makan selama 2 hari saja dengan catatan ngikutin jadwal perjalanan yang ditentukan, tapi buat Matatita yang tidak hobi bola jadi memilih untuk tidak ikut nonton bola dengan peserta lainnya (duuuh kalo aku sih pasti mau banget kapanlagi nonton MU secara live!) dan memilih untuk jalan-jalan sendiri selama di Manchester.

What? Ke London mahal-mahal Cuma buat dua hari dijalan dan dua hari diperjalanan?

Begitulah yang ada dipikiran Matatita saat itu. Ia yang terbiasa backpacking ke luar negeri dan mempersiapkan perjalanannya secara mandiri tentunya gak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk explore tempat-tempat menarik bahkan gak tanggung-tanggung, supaya visa yang diajukan bisa digunakan maksimal, ia berencana untuk menjelajah Inggris Raya selama 7 hari dengan menelusuri kota-kota cantik diantaranya London, Manchester, Leeds, York, Edinburg, Glasgow, dan Stirling. Yap, ia memilih extend dan mengajak sahabatnya yang menjadi pendamping pemenang undian untuk ikut.

Dalam bukunya, Matatita menceritakan bagaimana perjuangannya yang bisa dibilang mepet untuk mempersiapkan segala keperluannya selama di Inggris. Biaya hidup di Inggris yang mahal serta harga mata uang poundsterling saat itu sedang tinggi-tingginya membuatnya harus bijak dalam pengeluaran. Ia juga memanfaatkan jaringan pertemanannya dengan blogger Indonesia di sekitaran Inggris yang sering berkomunikasi via mailing list untuk kopdar, nah teman-teman inilah yang memberikan inspirasi kemana ia akan singgah dan memilih kota tujuannya, lumayan kan bisa numpang menginap dan jalan-jalan.

Buku ini dilengkapi dengan tips dan trik perjalanan ala backpacker yang murah namun juga nyaman, tips menikmati London secara gratis yaitu dengan mendatangi tempat-tempat wisata gratisan tapi London banget seperti menonton pertunjukan pergantian pengawal di istana Buckingham, Big Ben, London Eye, Piccadily Circuss dan lainnya lengkap dengan transportasi dan rute yang ditempuh supaya efektif dan efisien. Tak lupa penulis juga membahas masing-masing kota yang ia datangi mulai dari bagaimana menuju ke kota tersebut, tempat wisata yang favorit disana, kultur budaya masyarakatnya, transportasi yang biasa digunakan, dan bonus kamus bahasa Skotlandia yang ternyata rada unik juga. Overall buku ini cocok buat backpacker yang mau menjelajah UK dengan budget minim tapi tetep kejangkau banyak tempat. Penasaran dengan kota lainnya selain London? baca sendiri ya!



Judul Buku : UK TRIP
Nama Penulis : Matatita
Penerbit : B First
Tahun Terbit : 2011
Jumlah Halaman : 189 halaman


Bandar Lampung, 17 Mei 2017
Mustika Rizky Amalia

0 komentar: