Selasa, 23 Mei 2017

Habit©at


Hasil gambar untuk habitcat


Saya bukan penggemar kucing. Walaupun tidak juga terganggu dengan kehadirannya. Lain halnya dengan Ibu dan adik saya yang sangat menyenangi hewan kesayangan Rasulullah saw tersebut. Oleh karena itu ketika menemukan buku unik ini, saya membeli untuk menghadiahkannya sebagai oleh-oleh untuk adik perempuan saya. Dan setelah membaca buku ini, saya baru tahu kalau kucing ternyata lebih menarik dari perkiraan saya. :D

Saya menemukan Habit©at di sebuah toko buku indie di negeri tetangga. Books Actually. Buku ini diterbitkan oleh penerbit independen milik toko buku tersebut. Math Paper Press. Dan siapapun yang masuk ke Books Actually akan segera tahu kalau pemiliknya sangat mencintai kucing. Ukuran toko buku itu tergolong kecil dan sewaktu masuk saya bisa melihat ada seekor kucing yang berukuran cukup besar di depan meja kasir. Kucing yang saya kira boneka karena tidak bergeming itu berwarna putih-abu dan bulunya sangat tebal. Sangat lucu, bahkan bagi saya yang bukan penggemar kucing. Tidak heran kalau kantong kertas coklat yang digunakan untuk membungkus buku yang kita beli juga bergambar buku dan kucing. :)

Habit cat. Habitat. Cat Habitat. Cat Habit. Judul buku ini sepertinya bermaksud merangkum seluruh isi buku tersebut. Cat Habit dan Cat Habitat. Kebiasaan kucing dan tempat tinggal kucing. Buku ini termasuk bacaan ringan yang bisa dilahap dalam dua jam karena banyak berisi visual (yang sangat menarik!). Tapi saya sangat salut dengan sang penulis yang terpikir dan menyempatkan diri untuk mengadakan small but extensive research untuk menghasilkan buku ini.

Buku ini memaparkan hasil penelitian terhadap 4 ekor kucing yang tinggal di basement sebuah rumah susun di Singapore. Sister, Hua Mao, Friend, dan Goma. Dengan menggambarkan bagaimana flow penghuni rumah susun itu saat berangkat kerja di pagi hari dan pulang kerja di sore hari, aliran angin, dan pancaran sinar matahari, penulis mengamati bahwa masing-masing kucing –dengan kepribadiannya masing-masing– memilih untuk berada di tempat-tempat tertentu pada jam-jam tertentu.

Friends yang humble dan suka mengamati orang akan berada di tepi jalan saat jam berangkat kerja dan menikmati pemandangan orang berlalu-lalang. Ia akan berada di sisi lain rumah susun di sore hari, dimana kebanyakan orang melewati jalan tersebut dan akan mengusap Friend ketika melewatinya. Friend menyukai hal itu. Atau kolom berbentuk L yang terbuat dari beton sehingga menyerap panas siang hari dan menghalau angin menjadi tempat beristirahat di malam hari yang sempurna untuk Sister. Atau Hua Mao yang memilih tidur siang di bawah pohon dan terdapat ranting di sekelilingnya sehingga ia dapat mendengar saat ada intruder yang mendekat. Wow.


Habit©at
Penulis: Atelier Hoko
Penerbit: Math Paper Press
Jumlah Halaman: 140 halaman
Peresume: Fira

0 komentar: