Minggu, 14 Mei 2017

Panduan Wisata Jepang


Panduan Wisata Jepang : TOKYO, OSAKA, dan KYOTO

Alhamdulillah ala kulli hal atas nikmat kesehatan dan waktu luang untuk bisa memperpanjang nafas di grup IM. Butuh waktu agak lama untuk memutuskan membeli buku ini, karena harganya yang menurut saya cukup mahal untuk ukuran buku traveling, kebiasaan saya untuk memborong buku traveling saat sedang ada bazaar, diskon, cuci gudang, dan sebagainya atau lain cerita kalo bukunya tulisan salah satu teman atau temannya ibu dan temannya teman yang saya kenal hehe belibet yak. Intinya Cuma buku ini yang saya beli dengan penuh ke’niat’an.

 
Secara singkat, buku ini memandu kita yang akan atau berencana berwisata ke Jepang terutama kota-kota yang mainstream dikunjungi turis mancanegara khususnya Indonesia. Negara yang terkenal ramah ini memang sedang digandrungi bukan hanya anak muda namun juga sebagai destinasi keluarga yang ingin menikmati keindahan negara empat musim tanpa harus jauh-jauh ke benua biru yang harus menempuh belasan jam perjalanan. Banyaknya tiket promo juga menjadi salah satu magnet untuk menjadikan Jepang sebagai destinasi wisata yang recommended.

Wenika Yuda, penulis buku ini, adalah seorang traveler yang mengupas tuntas tentang Jepang mulai dari sejarah Jepang dan pembagian wilayah di Jepang, bahasa, sampai dengan tips berwisata ke Jepang di bab pertama. Jika selama ini kita hanya tau tentang wilayah-wilayah yang terkenal melalui film-film anime Jepang, di buku ini penulis mengupas satu persatu pembagian wilayah di Jepang sekaligus tempat wisata favorit di Jepang. Bagian bab ini menurut saya yang paling berat dibaca karena isinya yang membahas tentang sejarah dan pemerintahan Jepang dan sumbernya kebanyakan dari wikipedia, mungkin itu sebabnya bahasa yang digunakan agak sulit dicerna, atau karena saya yang kurang nyambung kali ya baca sejarah. Skip skip.

Dilanjutkan dengan bab-bab yang seru yaitu tentang tiga kota besar Tokyo-Osaka-Kyoto yang dibahas di masing-masing bab dengan penjelasan yang menurut saya sangat rinci yang membantu pembaca untuk memvisualisasikannya. Penulis tidak hanya memberi tahukan destinasi wisata yang favorit disana namun juga menjelaskan secara detail terkait akses transportasi yang digunakan, rekomendasi hotel dan hostel yang terjangkau, serta yang tidak kalah pentingnya tempat makan halal di Jepang. Semua dibahas secara rinci sampai dengan penjelasan harga, akses, dan review penulis. Semua informasi ini saya yakin akan mudah kita temukan di internet, namun menjadikannya menjadi sebuah buku panduan menurut saya adalah ide yang brilliant dan tentunya sangat bermanfaat bagi pembaca yang berencana kesana karena bisa dibaca kembali jika dibutuhkan hanya dalam 1 buku panduan.

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki stasiun kereta tersibuk di dunia dan penduduk Jepang terbiasa untuk menggunakan moda transportasi ini dalam melakukan sebagian besar aktivitasnya dalam berpindah tempat meskipun bus juga menjadi salah satu opsi transportasi yang yang bisa digunakan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara detail terkait transportasi yang bisa menjadi pilihan dalam mencapai tujuan destinasi wisata dan kartu-kartu yang dapat digunakan untuk menghemat budget transportasi seperti one-day-pass untuk bus di Kyoto, amazing-pass untuk menggunakan transportasi subway dan kereta serta bisa masuk beberapa tempat wisata secara gratis di Osaka, JR-pass untuk bisa berkeliling Jepang dengan menggunakan transportasi di Jepang termasuk shinkansen yang terkenal dengan ‘kereta peluru’ karena memiliki kecepatan maksimal 300km/jam selama seminggu di Jepang.

Untuk melengkapi buku ini, penulis juga memberikan bonus CD yang isinya video-video dirinya selama mengunjungi rekomendasi tempat-tempat wisata di Jepang dengan durasi 3 menit yang semakin menambah gambaran tentang Jepang kepada pembacanya. Overall, saya sangat merekomendasikan buku ini dan pastinya tidak menyesal walaupun gak dapet diskon dan promo, saya sangat menghargai penulisnya yang sudah berusaha memberikan informasi mendetail tentang Jepang. Semoga bermanfaat. Selamat membaca!



Judul buku : Panduan Wisata Jepang: TOKYO, OSAKA, dan KYOTO

Nama Penulis : Wenika Yuda

Penerbit : BIP (Bhuana Ilmu Populer)

Tahun Terbit : Cetakan Keempat 2016

Jumlah Halaman : 365 halaman

Stasiun Gambir, 27 Maret 2017

Mustika Rizky Amalia

0 komentar: