Minggu, 14 Mei 2017

24 Wajah Billy



24 Wajah Billy
Bagaimana jika suatu tubuh diisi oleh 24 kepribadian berbeda yang setiap kepribadian mempunyai keunikan, pemikiran, keahlian dan emosi masing-masing? 24 orang hidup dalam diri Billy Milligan. Buku ini ditulis berdasar kisah nyata dan penelitian dari Daniel Keyes.


Buku ini menceritakan tentang kisah hidup Billy Milligan yang ditangkap dan dijebloskan ke penjara karena penculikan dan pemerkosaan 3 wanita di kampus Ohio State University. Namun atas dasar alasan kegilaan, pengadilan membebaskannya.

William Stanley Milligan adalah orang pertama dalam sejarah Amerika yang dianggap tidak bersalah atas berbagai tindak kriminal serius, dengan alasan dia tidak waras karena memiliki kepribadian majemuk. Tak seperti tokoh-tokoh kepribadian lainnya yang namanya dirahasiakan, justru buku ini mengungkap nama asli (kecuali 3 korban, yang namanya disamarkan), menceritakan sejak saat ditangkap sampai dihadapkan ke pengadilan. 

Walau ada 24 tokoh kepribadian, hanya 10 tokoh yang diperbolehkan untuk tampil di “tempat utama” (tempat utama adalah sebutan jika tokoh sedang menghadapi dunia luar), yaitu :
1.      William Stanley Milligan (Billy, 26), sosok pribadi inti atau disebut Billy-U (Unfused Billy : Billy yang belum terfusi) tidak tamat SMU, tinggi 180cm dan bobot 86kg.
2.      Arthur (22), pria Inggris yang rasional dan tanpa emosi, berlogat Inggris, fasih membaca dan menulis bahasa Arab, seorang Ateis, yang pertama menyadari adanya tokoh lainnya, paling berkuasa dan memutuskan siapa saja anggota “keluarga” yang akan muncul dan menguasai kesadaran dan berkacamata.
3.      Ragen (23), pengelola rasa benci, berlogat Slavia, komunis dan ateis. Bertugas melindungi, menguasai kesadaran jika tubuh sedang dalam situasi berbahaya. Buta warna dan melukis hitam putih.
4.      Allen (18), orang kepercayaan, manipulatif dan yang paling sering menghadapi dunia luar, satu-satunya yang merokok dan tidak bertangan kidal, bermain drum dan melukis potret wajah.
5.      Tommy (16), ahli melepaskan diri dari segala macam kunci dan simpul ikatan, sering disangka Allen dan bersifat bermusuhan. Jago elektronika dan melukis pemandangan alam.
6.      Danny (14), anak yang selalu ketakutan terutama kaum lelaki, melukis objek/benda tidak bergerak.
7.      David (8), penanggung rasa sakit, lebih sering kebingungan.
8.      Christene (3), si anak sudut yang menderita disleksia.
9.      Christopher (13), kakak Christene, berlogat Inggris, penurut dan peniup harmonika.
1.  Adalana (19), wanita lesbian, pemalu, kesepian dan introvert. Suka menulis puisi, memasak dan membersihkan rumah. 

Sedangkan ke-14 lainnya adalah mereka yang tidak diinginkan yang menurut Arthur memiliki sifat yang membahayakan, Phipil (20), penjahat brutal, Kevin (20), perencana dan penjahat kelas teri, Walter (22) pemburu binatang yang hebat, April (19), perempuan brengsek, yang mempunyai berbagai rencana keji untuk membunuh ayah Billy, Samuel (18) satu-satunya yang percaya pada Tuhan, Mark (16) tidak berfungsi, Steve (21), peniru gelagat orang, Lee (20) si pelawak, nakal dan melucu, Jason (13), pembuat tekanan, Robert (17) pemimpi, Shawn (4) tunarungu, Martin (19), pemuda snop dan tukang pamer, Timothy (15) selalu ketakukan dan terakhir adalah SANG GURU, ke-23 tokoh yang dilebur dan terfusi sehingga menjadi satu kepribadian dan yang memungkinkan tertulisnya buku ini.

Secara garis besar sampai halaman 25 pun pembaca akan mengerti inti dari buku ini dan karena berdasar kisah nyata, penuturannya lambat ditujukan untuk membuat pembaca mengerti kenapa Billy sampai menjadi seorang kepribadian majemuk hingga perawatan-perawatan yang diterima. Namun, semakin dibaca bukunya pun semakin asik karena benar-benar menjelaskan kehidupan Billy sehari-hari dan masa lalu, sampai kenapa terjadi ketiga kasus pemerkosaan. Pembaca dibuat bingung, apakah Billy benar-benar seorang pribadi majemuk atau semua itu hanya sandiwara agar lolos dari hukuman.

Secara logika, saya bingung bener gak ya ada manusia begini tapi secara perasaan saya terbawa emosi sehingga saya pun ikut mengkasihani Billy. Ketika kecil, Billy sering dianiaya, dimasukan ke dalam tanah lalu dikubur dan mendapatkan pelecehan seksual, oleh ayah tirinya Chalmer Milligan, suami kedua ibu Billy. Inilah awal mula munculnya kepribadian yang lainnya. Kepribadian-kepribadian itulah yang melindungi Billy dari tindak bunuh diri. Kehidupan remajanya juga tak kalah berat ketika Billy harus dimasukan ke rumah sakit, disangka berbohong, sering amnesia dan suatu saat ada pribadi yang sedang duduk di kursi mobil lalu pribadi lain muncul seorang anak kecil seperti Christene yang tak bisa mengendarai dan berakibat banyak untuk Billy, masa campur aduk kepribadian menjadi yang paling berat, akhirnya Arthur, mengatur 10 tokoh yang boleh tampil, namun karena kurangnya pengawasan, 14 kepribadian lainnya sering mencuri waktu dan melakukan tindak kriminal.

Menurut pribadi, jika ingin membaca buku psikologi, buku ini sangat patut untuk dibaca. Buku ini dapat menjelajahi pikiran manusia dan memilukan hati. Bagaimana akhirnya Billy dapat keluar dari penderitannya? Bagaimana Billy sekarang? Buku ini mengungkap semua kisahnya sampai akhir. Jadi baca sendiri ya hehe.

Judul                          : 24 Wajah Billy
Penulis                         : Daniel Keyes
Penerbit                       : Qanita
Jumlah Hal                  : 699

Vanda Deosar

0 komentar: