Selasa, 21 Agustus 2018

CLAIRES



Kali ini saya meresume sambil mereview. Mungkin pepatah,“Sambil menyelam minum air” saya gunakan kali ini. Terlepas dari tantangan dari Ijakarta Moco Quiz yang berupa memberikan ulasan buku yang terbit tahun 2018, dengan genre romance young adult. Saya sangat menikmati buku ini sampai akhir. Selain desain kover yang unik dan simpel, sangat mewakili kisah yang disuguhkan dalam 383 halaman.

Fresh! Dengan latar tempat Bali, Eropa, dan Jakarta serasa diajak wisata lewat khayalan. Mungkin ada banyak orang yang menghindari romantis, dengan alasan klise dan konfliknya hanya seputar percintaan. Tetapi Valeire Patkar menyuguhkan kisah yang bikin melow setiap bagian cerita, karena cinta bukan hanya sebuah kata atau ungkapan maupun bukti nyata. Tetapi ada definisi lain yang harus kalian cari tahu sendiri dalam novel ini.

Masih nuansa Ramadan, ada baiknya membacanya di malam hari, karena ada beberapa adegan yang mengaduk-aduk perasaan untuk menangis atau tertawa, atau bahkan ingin marah-marah sendiri. Bisa kebayang pembaca dibuat ‘gila’ dengan kisah Claire Paveitria, Kai Deverra dan Ares Nota.
Gaya penulisannya sangat ringan, namun berkesan setiap bab, penulis lebih fokus pada dialog antara tokoh daripada penjabaran detail latar. Uniknya di novel ini menghipnotis pembaca untuk stay lama-lama hingga tandas bahkan saya sendiri membacanya hanya sekali duduk, karena rasa penasaran yang seolah menghantui setiap saat.

Blurb:
Tentang ada, namun tidak ada.
Tentang di sini, namun pergi.
Tentang sembuh, namun tetap luka.
Tentang percaya, namun ditinggalkan.
Claire dan Deverra seperti deretan awan di atas langit. Mereka sama dan itu membuat mereka sempurna.
Claire dan Ares seperti rangkaian baris warna pada pelangi. Mereka berbeda dan itu membuat mereka indah.
“Untuk siapa pun yang mengingatku di kepalanya, aku mengingatmu lebih jelas dari semua ingatan di kepalamu itu.”
Ada satu kutipan yang nyaris membuatku terduduk lama, menelaah kata demi kata yang tertulis dengan jelas tetapi mengiris lebih dalam palung hati.

“Cintai orang yang bisa buat kamu bahagia. Bukan yang bisa buat kamu sempurna. Karena yang sempurna belum tentu bisa buat kamu bahagia. Tapi bahagia selalu bisa buat hidup kamu sempurna.” (Halaman 345).

Berbeda dengan novel romantis yang pernah saya baca, entah karena sebuah kebetulan setting dan karakter tokoh mirip dengan apa yang saya alami, saya merasa kisah ini ‘mbaperin’ level tinggi. Setiap selipan dialog maupun penuturan tokoh yang dijelaskan sudut pandang orang ketiga serba tahu, selalu ada kata bijak yang membuat saya semakin harus mempelajari kehidupan, perasaan seseorang dan arti cinta yang sebenarnya.


Judul buku      : CLAIRES
Penulis             : Valeire Patkar
Penerbit           : BIP (Bhuana Ilmu Populer)
Jmlh hlm         : 384 halaman
Tahun terbit     : 2018
ISBN               : 978-602-455-366-1

- Baiq Cynthia -


0 komentar: