Selasa, 21 Agustus 2018

Tips Sukses Meresensi Buku di Koran


Buku ini menjelaskan beberapa tip untuk menjadi peresensi sukses dan suka duka menjadi peresensi di media masssa, Buku ini terdiri dari tujuh bab dan penjelasannya dibawah ini  :  

Bab 1 “ Peluang Mendapatkan Uang Dari Lembaran Koran “
“ Di balik lembaran – lembaran koran ( tabloid atau majalah ) itu , sebenarnya ada setumpuk uang”. Saya menyukai kutipan sang penulis karena penulis menyadarkan para pembaca untuk melihat peluang lain dari sekedar membaca yaitu peluang untuk mendapatkan uang melalui tumpukan media masssa ( Koran , tablid dan majalah ) dan dipenghujung bab satu sang penulis mengutip apa yang pernah dikatakan oleh Harlan Ellison , “ Jika seseorang dapat menghentikan anda menjadi penulis , lebih baik jangan bermimpi menjadi penulis”.

Bab 2 “ Setumpuk Keuntungan dari Meresensi Buku “
Penulis membutuhkan waktu satu tahun untuk belajar menulis, sampai akhirnya tulisan resensinya yang pertama di muat oleh “ Koran Kedaulatan Rakyat“ karena bahagia koran tersebut ia tawarkan pada setiap penumpang bus agar tulisan resensinya dibaca. Penulis semakin bersemangat dan percaya diri untuk membuat tulisan serta mempelajari resensi yang dibutuhkan oleh redaktur . Pengalaman kedua sang penulis yaitu mendapatkan honor 20 kali lipat dari sang penerbit sedangkan honor yang biasa diterima hanya Rp. 500.000 ,  Pengalaman ketiga teman sang penulis yang sangat beruntung karena mendapatkan honor menulis dari kampus , walaupun jarang namun beberapa kampus mengapresiasi kegiatan positif mahasiswa yang aktif dalam mengharumkan nama kampus dengan hasil karyanya di media massa . Hanya berbekal bukti pengiriman naskah resensi dan jawaban penerbit maka honor dari kampus tersebut bisa didapatkan . Pengalaman ke empat penulis yaitu selalu mendapatkan buku baru secara gratis dari penerbit , pemberian tersebut ditujukan agar peresensi menuliskan resensi yang bagus untuk bukunya .

Bab 3 “ Mengenal Apa Itu Resensi Buku “
“ Penulis menjelaskan bahwa resensi buku itu memuat tiga eleman penting yaitu : Pertama , buku yang diresensi harus memiliki unsure waktu baru , Kedua yaitu  pendapat kritis dari peresensi , Ketiga yaitu peresensi harus memahami karakteristik media cetak yang akan memuat resensi .

Bab 4 “ Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Meresensi Buku ? “
Penulis menjelaskan berapa tips untuk persiapan meresensi yaitu : Pemilihan buku yang tepat seperti : Buku Aktual , buku ini isinya mengupas tema yang sedang hangat atau menjadi perbincangan  , Buku Bestseller jenis buku ini memiliki nilai muat tinggi di koran dan majalah , Buku Kontroversial termasuk buku yang mengundang perdebatan, mengundang rasa ingin tahu atau mematik rasa penasaran, Buku Pemikiran Baru biasanya ditulis dengan riset yang mendalam, menggugat pemikiran lama dan melahirkan teori baru.

Bab 5 “ Langkah – Langkah dalam Meresensi Buku “
Penulis menjelasakan untuk membuat konsep tulisan resensi agar peresensi tidak bingung ketika hendak menulis resensi serta membuat judul resensi yang memikat redaktur dengan cara tidak terlalu panjang dalam membuat judul sekitar 5 kata dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan jenis media massa nya

Bab 6 “ Apa yang Harus Dilakukan Sesudah Meresensi Buku “
Penulis menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan yaitu : 1. Proses editing, proses editing tidak bisa dilakukan secara langsung dan harus memberi jarak , karena saat proses editing membutuhkan pemikiran yang jernih serta sudut pandang yang baru .  2. Memahami media , Mengenali setiap kebijakan redaksi, visi dan misi media, ketentuan atau syarat untuk mengirimkan resensi yang sesuai dengan kebutuhan redaksi .

Bab 7 “ Peluang Lain Menulis di Koran “
Pada Bab ini penulis mengajak pembaca untuk menulis dengan genre berbeda yaitu genre non fiksi (opini) dan fiksi (cerpen), penulis memberi tips untuk menulis opini dengan cara memilih serta menentukan tema, menentukan sudut pandang atau membatasi penulisan tentang apa, melakukan penelitian serta mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk memperkaya tulisann. Untuk fiksi tipsnya dengan cara menggali ide, mematangkan ide, riset, menuliskan outline cerpen .


Judul    : Tip Sukses Meresensi Buku di Koran ( Jurus Ampuh Mendulang Uang )
Penulis : N. Mursidi
Hal.      : 258

         Juni 2018
- Yessy Esti Wijayanti -

0 komentar: